Note

BERITA SAHAM SENIN 10/01/2022 – WIKA BANGUN JALUR GANDA KA SOLO BALAPAN-KADIPIRO

· Views 61

IQPlus – PT. Wijaya Karya Tbk. (WIKA) dipercaya oleh Kementerian Perhubungan RI untuk membangun Jalur Ganda Kereta Api Solo Balapan-Kadipiro Tahap I, Kota Surakarta. Bertempat di Surakarta, proses ground breaking pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo Balapan-Kalioso dan Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Joglo dilaksanakan pada hari Sabtu (8/1)

Hadir dalam acara peletakan batu pertama tersebut, antara lain: Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito, dan Direktur Operasi I Perseroan, Hananto Aji.

“Kota Solo memiliki wilayah yang dikenal sebagai Simpang Joglo dan dikenal sebagai lokasi persimpangan pusat kemacetan kota Solo. Dengan adanya pembangunan elevated rail diharapkan nantinya untuk mengurai kemacetan serta menambah pergerakan ekonomi terutama di Solo bagian Utara,” ujar Gibran Rakabuming Raka, Walikota Surakarta dalam sambutannya.

Pada pengerjaan elevated track tahap I ini, WIKA-BKU (KSO) akan mengerjakan Jalur Kereta Api Solo Balapan-Kadipiro dengan panjang 1,8 km yang disertai dengan jembatan pipa pelengkung rangka baja komposit dengan bentang 270 m dan tinggi 40 m, menjadikannya sebagai jembatan lengkung dengan bentang terpanjang di Indonesia.

Baca Juga:   Indonesia Memperingatkan $ 4 Miliar Untuk Pariwisata Jika Gangguan Virus Meluas

Adapun desain konstruksi dari jembatan tersebut merupakan karya anak bangsa dengan menyerap nilai-nilai sejarah dan kearifan budaya lokal kota Surakarta, berupa motif batik Sidomukti, Pasar Klewer, dan Keraton yang akan menjadi ikon baru kota Surakarta. Pengerjaan paket JGSS2 ini ditargetkan rampung dalam kurun waktu 720 hari dilanjutkan dengan 365 hari masa pemeliharaan, dengan nilai sebesar Rp280,47 Miliar.

Jalur Ganda Kereta Api Solo Balapan-Kalioso sendiri memiliki total panjang 10 km yang nantinya akan menghubungkan kawasan segitiga emas di Provinsi Jawa Tengah Joglosemar, yakni Jogja – Surakarta – Semarang. Pembangunan Jalur Ganda KA Elevated Solo – Semarang diharapkan mampu mengurangi kemacetan lalu lintas di Simpang Joglo, meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api maupun pengguna jalan raya, dan meningkatkan frekuensi perjalanan kereta api.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

buyyyy

-THE END-