Note

Escudo: Pengertian dan Bentuknya

· Views 55

Tak banyak orang yang tahu mengenai apa itu escudo sebab istilah ini sudah tentu jarang terdengar di telinga kita. Escudo sendiri sebenarnya merupakan suatu jenis mata uang yang sudah pasti berhubungan dengan bidang keuangan dan bidang perekonomian negara.

Memang istilah escudo ini sangat asing bagi masyarakat awam di negara kita sebab escudo tidaklah menjadi bagian dari negara kita. Namun escudo memiliki cerita tersendiri yang membuat masyarakat dunia menjadi penasaran dengannya. 

Baca Juga: Diwarnai Veto, Parlemen Portugal Mengizinkan Eutanasia Terbatas

1. Pengertian escudo

Escudo: Pengertian dan BentuknyaFreepik.com/Ilixe48

Escudo pada dasarnya merupakan suatu jenis mata uang resmi tepatnya dari negara Portugal, negara pesisir pantai tepatnya di Eropa barat daya dan di ujung barat Semenanjung Liberia.

Mata uang Portugal ini sangatlah berarti pada masanya karena dapat digunakan dan difungsikan sebagai alat tukar terbaik di kalangan masyarakat Portugal. 

2. Berlakunya uang escudo

Escudo: Pengertian dan Bentuknyailustrasi uang (pexels.com/cottonbro)

Escudo sebenarnya sudah menjadi alat tukar resmi negara Portugal sebelum akhirnya digantikan oleh mata uang lain. Uang escudo ini rupanya di masa lalu tak hanya digunakan di negara Portugal saja tetapi juga di wilayah yang lainnya. 

Hal ini cukup menunjukkan bahwa sebenarnya mata uang yang satu ini bisa diterima dengan baik dan menyebar hingga di berbagai negara.

3. Bentuk uang escudo

Escudo: Pengertian dan Bentuknyapikrepo.com

Seperti halnya mata uang yang lain pada umumnya sebenarnya mata uang escudo ini terdiri dari dua macam bentuk yaitu bentuk uang kertas dan bentuk uang logam. Uang berbentuk kertas dari escudo ini memiliki berbagai warna yang berwarna-warni dan sudah tentu tampak indah.

Sedangkan bentuk uang logam escudo sebenarnya sama saja dengan uang logam yang berlaku di negara lainnya. Pada permukaan uang, terdapat tulisan escudo yang menunjukkan nama mata uang tersebut. 

4. Escudo centavos

Escudo: Pengertian dan Bentuknyapexels.com/karolina grabowska

Mungkin kata centavos terasa sangat asing di telinga kita karena istilah ini hampir tak pernah diperbincangkan di tengah masyarakat kita. Sebenarnya centavos jika diartikan memiliki makna yang sama dengan sen. 

Jadi mata uang escudo tersebut sebenarnya bisa dibagi hingga menjadi 110 centavos atau sen yang memiliki bentuk kepingan kecil yang tampak sangat menarik. Sedangkan satu centavos sendiri bisa dikatakan setara dengan satu sen AS. 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 7 Sumber Kekayaan Desta yang Gugat Cerai Natasha Rizky
  • Sebut Ekonomi Indonesia Dikuasai China, JK: Bukan Rasis
  • GoPay Punya Aplikasi Sendiri, Gimana Fiturnya di Gojek?

Baca Juga: 5 Kastil yang Bisa Dikunjungi di Portugal, Megah dan Bersejarah

5. Penyebaran mata uang escudo

Escudo: Pengertian dan Bentuknyapexels.com/karolina grabowska

Mata uang escudo yang dulunya menjadi mata uang resmi dari negara Portugal rupanya tidak hanya berlaku di negara Portugal saja tetapi juga berlaku di berbagai wilayah yang lainnya, seperti Azores dan juga Madeira. 

Selain itu, mata uang ini juga digunakan di beberapa wilayah jajahan Portugal walaupun sekarang sudah tidak digunakan lagi. Beberapa uang koin escudo juga digunakan di beberapa wilayah.

6. Pertukaran escudo dengan euro

Escudo: Pengertian dan Bentuknyapexels.com/Breakingpic

Rupanya mata uang escudo yang sempat menjadi mata uang resmi di Portugal ini, akhirnya digantikan oleh mata uang euro. Mata uang escudo ini digantikan oleh mata uang euro tepatnya pada 1 Januari 1999 mata uang escudo tergantikan dengan mata uang euro. 

Namun, mata uang escudo ini berhenti dari peredaran tepatnya sejak 31 Desember 2002. Hal inilah yang akhinya membuat mata uang escudo kini hanya tinggal menjadi sejarah dan sudah tidak dikenal lagi oleh masyarakat masa kini. 

7. Syarat penukaran escudo

Escudo: Pengertian dan Bentuknyapikist.com

Warga yang saat ini masih memiliki mata uang escudo sebenarnya tidak perlu merasa khawatir. Bila tidak ingin mengoleksinya, kamu bisa menukarnya dengan mata uang euro. Namun penukaran dengan mata uang euro dibatasi sampai dengan 28 Februari 2022. 

Jika ditukar dengan euro maka 1 euro senilai dengan 200,48 escudo. Dari sini dapat dilihat bahwa nilai escudo lebih kecil dari euro.

8. Uang escudo di Cape Verde

Escudo: Pengertian dan BentuknyaDebt Help Right Now

Hal lain mengenai mata mata uang escudo yang tampaknya juga perlu kamu ketahui adalah berlakunya mata uang ini di wilayah Cape Verde. Bahkan mata uang ini berlaku di Cape Verde sampai dengan sekarang.

Tidak hanya Cape Verde saja yang memiliki cerita mengenai mata uang escudo, Macau yang juga pernah menggunakannya meski sekarang sudah berubah menggunakan Pataca Macan. Selain itu, Timor Leste juga pernah mengadopsi escudo sehingga setidaknya mata uang ini pernah dikenal di beberapa wilayah tersebut. 

Baca Juga: Italia dan Portugal Adu Jotos Menuju Piala Dunia 2022

Setelah membaca penjelasan di atas tentunya sekarang kamu tahu dengan lebih jelas mengenai arti dari escudo dan segala hal yang berkaitan dengannya. Bahkan sejarah mata uang escudo juga telah kamu ketahui dengan lebih jelas sehingga wawasan dan pengetahuan mengenai perekonomian dunia semakin bertambah. 

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.