Note

Sosok Pita Limjaroenrat, Pemimpin Muda dan Berani Mendobrak Tabu yang Bakal Jadi PM Thailand

· Views 27
Pemimpin Partai Move Forward dan kandidat PM Thailand Pita Limjaroenrat, menghadiri konferensi pers setelah pemilihan umum, di markas partai di Bangkok, Thailand, 15 Mei 2023. (REUTERS/Athit Perawongmetha)

JAKARTA, iNews.id - Sosok Pita Limjaroenrat, pemimpin oposisi Thailand menjadi perhatian publik setelah partainya Move Forward Party memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan umum, Minggu (14/5/2023). Pria berusia 42 tahun itu diperkirakan menjadi perdana menteri Thailand ke-30.

Dalam cuitannya di Twitter pada 15 Mei 2023, pemimpin muda dan berani mendobrak tabu mereformasi monarki di negaranya itu sudah menyatakan kesiapannya menjadi Perdana Menteri Thailand ke-30. 

"Rekan-rekan warga yang terkasih, hari ini saya Pita Limcharoenrat 'Jelas' dan 'Siap' menjadi Perdana Menteri Thailand ke-30."

Pita meyakini memiliki mimpi dan harapan yang sama dengan masyarakat Thailand. Dia percaya, Thailand bisa menjadi lebih baik. 

"Kita memiliki mimpi yang sama, harapan yang sama, dan kita percaya Thailand yang kita cintai dapat menjadi lebih baik. Perubahan itu mungkin jika kita mulai melakukannya dari hari ini... Impian dan harapan kita cukup "sederhana dan tegas"."

Dia juga menggandeng semua pihak, termasuk kalangan yang bukan pendukungnya. Dia berjanji akan melayani rakyat Thailand.

"Dan apakah Anda setuju atau tidak setuju dengan saya, saya akan menjadi perdana menteri Anda. Apakah Anda memilih atau tidak memilih saya, saya akan melayani anda..." cuit Pita.

Berdasarkan hasil perhitungan sementara Pemilu Thailand, Partai Move Forward atau Bergerak Maju berhasil meraih 151 dari 500 kursi di majelis rendah, melampaui perolehan suara Partai Pheu Thai yang dipimpin Paetongtarn Shinawatra (36), putri mantan PM Thaksin Shinawatra. Koalisi dua partai pemerintahan pendukung militer juga hanya meraih 15 persen dari total kursi.

Namun, agar bisa menduduki jabatan PM Thailand, Pita masih membutuhkan dukungan dari partai lain. Pita Limjaroenrat telah mengajak lima partai opisisi lainnya, termasuk runner-up Pheu Thai, untuk bergandengan tangan dengan Move Forward membentuk pemerintahan koalisi.

Sosok Pita Limjaroenrat

Pita Limjaroenrat lahir di Bangkok pada tanggal 5 September 1980. Dia berasal dari keluarga berpengaruh dan politik. Ayahnya Pongsak Limjaroenrat pernah menjadi penasihat Kementerian Pertanian dan pamannya Padung Limcharoenrat adalah pembantu dekat mantan PM Thaksin Shinawatra.

Kecintaan Pita pada politik terpicu saat remaja dan dikirim belajar ke Selandia Baru. Dia mulai mendengarkan pidato PM Selandia Baru Jim Bolger saat mengerjakan pekerjaan rumahnya.

"Saya dikirim ke antah berantah di Selandia Baru. Saat itu ada tiga saluran, entah Anda menonton sinetron Australia atau Anda menonton debat di parlemen," kata Pita dalam video YouTube Thailand Aim Hour, dikutip dari The Guardian, Senin (15/5/2023). 

Pita lulus dari Universitas Thammasat di Bangkok. Dia kemudian meraih gelar master dalam kebijakan publik di Universitas Harvard dan gelar MBA di Institut Teknologi Massachusetts. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.