Note

Green Bonds Laris Manis, PGEO Sudah Ditunggu Utang Jatuh Tempo

· Views 34
Green Bonds Laris Manis, PGEO Sudah Ditunggu Utang Jatuh Tempo
Green Bonds Laris Manis, PGEO Sudah Ditunggu Utang Jatuh Tempo (FOTO: Dok MNC Media)

IDXChannel - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) baru saja merampungkan proses penerbitan green bonds senilai USD400 juta. Penerbitan surat utang tersebut salah satunya untuk membayar utang yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat.

Head of Equity Ekuator Swarna Sekuritas David Setyanto mengatakan opsi green bonds untuk membayar sisa utang bisa diambil oleh manajemen mengingat jatuh tempo utang perseroan di bulan depan. Kalau proses penerbitan surat utang belum rampung, PGEO harus menggunakan kas internal.

Baca Juga:
Green Bonds Laris Manis, PGEO Sudah Ditunggu Utang Jatuh Tempo Pertamina (PGEO) Berhasil Produksi Geothermal 4.629,60 GWh Sepanjang 2022

“Saya lihat kan masih ada cash per Desember 2022 sebesar USD262 juta. Mungkin dari cash tersebut sisanya untuk membayar sisa utang,” ujarnya David dihubungi, Senin (15/5/2023).

Menurut David, dengan pola bisnis capital intensive, perseroan  membutuhkan kas besar untuk menjalankan operasionalnya. Tapi di sisi lain PGEO dituntut mengambil kebijakan cepat dan terukur untuk menutupi sisa utangnya jika tidak ingin default, salah satunya dari kas internal. 

Baca Juga:
Green Bonds Laris Manis, PGEO Sudah Ditunggu Utang Jatuh Tempo Laris Manis, Ini Deretan Daya Tarik Green Bonds PGEO di Mata Investor Asing

“Karena memang bisnis seperti ini butuh modal besar secara terus menerus. Jadi kita lihat saja nanti lanjutan dari aksi korporasi yang akan mereka lakukan. Saya rasa nanti akan terbitkan obligasi lagi atau rights issue,” ungkapnya.

David mengungkapkan lagi, pasar obligasi dunia saat ini memang tengah mengalami penurunan minat investor karena tren kenaikan suku bunga global yang membuat harga obligasi dengan kupon rendah terus terkoreksi. Namun karena kondisi keuangan yang tidak mendukung dan tenggat waktu utang yang di depan mata, PGEO terpaksa mencari dana melalui instrumen surat utang.

Baca Juga:
Green Bonds Laris Manis, PGEO Sudah Ditunggu Utang Jatuh Tempo Ternyata Ini Penyebab Green Bond PGEO Diburu Investor 

“Oleb sebab itu, penerbit dalam hal ini PGEO harus memberikan kupon yang menarik agar investor tertarik,” tandasnya.

Seperti diketahui, anak usaha Pertamina Group di industri panas bumi itu sukses meraup permintaan hingga USD3,3 miliar. Dengan demikian, terjadi kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga 8,25 kali.

Baca Juga:
Green Bonds Laris Manis, PGEO Sudah Ditunggu Utang Jatuh Tempo Green Bonds Pertamina Geothermal (PGEO) Laris Manis, Oversubscribed hingga 8,25 Kali

Sebagaimana diketahui, PGEO secara resmi menerbitkan green bonds senilai USD400 juta atau sekitar Rp5,94 triliun, dengan bunga sebesar 5,15 persen.

Dalam penerbitan bonds yang bakal jatuh tempo pada 2028 ini, PGEO sengaja membidik investor asing, sehingga proses penawaran umum sama sekali dilakukan di luar wilayah Indonesia. Karenanya, bonds ini tidak didaftarkan pada PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan juga Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). (RRD)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.