Note

Bye Dolar, RI-Korea Selatan Sepakat Pakai Won dan Rupiah

· Views 36

Jakarta, IDN Times - Bank Indonesia (BI) dan Bank of Korea telah menyepakati kerja sama guna mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara dalam transaksi bilateral Indonesia dan Korea Selatan (Korsel).

Kesepakatan tersebut dijalin melalui penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo, dan Gubernur Bank of Korea, RHEE, Chang Yong, pada Selasa (2/5/2023) di sela-sela Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN+3 di Korea Selatan.

"Kesepakatan ini akan mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara dalam transaksi bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan, seperti transaksi berjalan (current account transaction), investasi langsung, dan transaksi ekonomi dan keuangan lainnya yang akan disepakati kedua otoritas," sebut BI dalam peryataan resminya.

Baca Juga: Bye-bye Dolar AS! Perdagangan RI-Malaysia Sepakat Pakai Uang Nasional

1. Semakin menguatkan kerja sama BI dan Bank of Korea

Bye Dolar, RI-Korea Selatan Sepakat Pakai Won dan RupiahKantor Bank Indonesia (BI). IDN Times/Hana Adi Perdana

Adanya kesepakatan tersebut pun dipandang positif lantaran semakin menguatkan kerja sama yang dijalin antara BI dan Bank of Korea.

"Kolaborasi tersebut menandai capaian penting dalam memperkuat kerja sama keuangan bilateral antara Bank Indonesia and Bank of Korea," kata BI.

Baca Juga: Bye-bye Dolar AS! Rupiah Lebih Pilih Gandeng Baht

2. Manfaat buat pelaku usaha

Bye Dolar, RI-Korea Selatan Sepakat Pakai Won dan RupiahIlustrasi uang rupiah (IDN Times/Shemi)

Di sisi lain, kesepakatan itu juga memiliki manfaat tersendiri buat pelaku usaha, terutama untuk mengurangi biaya transaksi dan eksposur terhadap risiko nilai tukar dalam melakukan transaksi bilateral kedua negara.

"Antara lain melalui penggunaan kuotasi nilai tukar secara langsung antara mata uang Korean Won dan Rupiah dalam perdagangan antarbank. Kerja sama ini akan terus diperkuat melalui sharing informasi dan diskusi secara berkala antara otoritas Indonesia dan Korea Selatan," tulis BI.

Baca Juga: Buntut Kerja Sama AS-Korsel, Adik Kim Jong-un Sebut Joe Biden Pikun

3. Perdagangan Indonesia dan Korsel bakal semakin baik

Bye Dolar, RI-Korea Selatan Sepakat Pakai Won dan RupiahIlustrasi perdagangan (ANTARA FOTO)

BI dan Bank of Korea pun sepakat kalau kerja sama ini nantinya akan semakin meningkatkan perdagangan antara Indonesia dan Korsel.

"Otoritas kedua negara memandang bahwa penggunaan mata uang lokal masing-masing negara yang lebih luas untuk transaksi bilateral pada akhirnya akan berkontribusi dalam mempromosikan perdagangan antara Indonesia dan Korea Selatan serta memperdalam pasar keuangan dalam mata uang lokal di kedua negara," kata BI.

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.