Note

Korsel Dikabarkan Akan Kirim Senjata Mematikan ke Ukraina, Presiden Yoon Bilang Begini

· Views 23
Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol mengatakan Seoul masih mempertimbangkan untuk memberikan bantuan senjata mematikan ke Kiev. (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol mengatakan Seoul masih mempertimbangkan untuk memberikan bantuan senjata mematikan ke Kiev. Namun yang pasti, dia juga menyebut invasi Rusia merupakan pelanggaran hukum internasional dan hak-hak warga Ukraina.

Hal itu disampaikan Yoon dalam pidatonya di Kennedy School, Universitas Harvard Jumat (28/4/2023). Itu merupakan pada hari kelima kunjungan  kenegaraan Yoon untuk memperingati 70 tahun aliansi AS-Korsel. 

Yoon juga mengatakan, dunia harus memastikan invasi Rusia ke Ukraina tidak berhasil. 

"Kita harus membuktikan bahwa upaya seperti itu tidak akan pernah berhasil. Terkait bantuan snejata mematikan, kami memantau dengan cermat situasi yang terjadi di medan perang di Ukraina dan akan mengambil tindakan yang tepat untuk menegakkan norma dan hukum internasional," katanya. 

Pada hari Rabu (26/4/2023), Yoon bertemu dengan Presiden AS, Joe Biden di Gedung Putih. AS berjanji untuk memberi Korsel lebih banyak wawasan tentang perencanaan nuklirnya atas konflik apa pun dengan Korea Utara (Korut), di tengah kecemasan atas persenjataan rudal dan bom Pyongyang yang terus meningkat. Keduanya juga membahas situasi di Ukraina.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters minggu lalu, Yoon mengatakan, Seoul mungkin akan memperluas dukungannya untuk Ukraina di luar bantuan kemanusiaan dan ekonomi jika terjadi serangan sipil skala besar. Itu menandakan, ada perubahan pendirian Seoul yakni mempersenjatai Ukraina untuk pertama kalinya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.