Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa menguat pada awal perdagangan Selasa, karena investor mengabaikan kekhawatiran tentang penurunan produksi yang mengejutkan oleh OPEC dan sekutunya, sementara menunggu data harga produsen zona euro untuk petunjuk lebih lanjut tentang jalur pengetatan moneter Bank Sentral Eropa (ECB).

Indeks STOXX 600 Pan-Eropa terangkat 0,5 persen pada pukul 07.07 GMT, setelah sesi perdagangan yang lemah di hari sebelumnya karena lonjakan harga minyak memicu kekhawatiran inflasi.

Saham minyak dan gas terus naik, dengan indeks bertambah 0,3 persen setelah mencatat kenaikan satu hari terbesar sejak November pada Senin (3/4/2023).

Harga produsen zona euro untuk Februari akan berada di radar investor pada siang hari, yang diperkirakan akan menunjukkan kontraksi harga pada Februari secara bulanan.

Saham L'Oreal naik tipis 0,5 persen setelah grup industri kosmetik itu mencapai kesepakatan dengan Natura & Co Brasil untuk membeli Aesop, merek mewah Australia, dengan nilai perusahaan 2,53 miliar dolar AS.

Sementara saham Bayer AG menguat 0,6 persen setelah hakim Delaware menolak gugatan Merck yang meminta Bayer bertanggung jawab atas lebih banyak kewajiban terkait bedak yang berasal dari pembelian bisnis perawatan konsumen Merck pada 2014.


Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat menjelang laporan inflasi zona euro dan AS
Baca juga: Saham Eropa dibuka naik, penurunan produksi OPEC+ angkat emiten minyak
Baca juga: Saham Eropa dibuka di tertinggi dua minggu seiring Wall St yang cerah

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2023