Note

Kenaikan Harga Emas Tertahan Penguatan Dolar AS

· Views 26

Seputarforex - Harga emas spot turun 0.8% ke $1,977.01 per ounce dan harga emas futures mengakhiri pekan lalu (25/Maret) dengan penurunan 0.6% ke $1,983.80. Dolar AS yang menguat akhirnya menekan laju penguatan emas yang sempat menyentuh level di atas $2,000 di awal pekan. XAU/USD turun 0.79% ke $1,976.5 saat berita ini ditulis Sabtu (25/Maret) siang.

Kenaikan Harga Emas Tertahan Penguatan Dolar AS

Kekhawatiran terhadap efek domino dari kolapsnya Sillicon Valley Bank, masih menjadi latar belakang yang mendorong para investor untuk memburu emas sebagai safe haven. Namun, kebijakan bank sentral untuk menyelamatkan bank-bank besar yang di ujung tanduk, mulai memantik minat risiko. Hal itu menciptakan penguatan Indeks Dolar AS sebesar setengah persen dan rebound di pasar ekuitas. Bullish emas pun tertekan.

Sebelumnya, Jumat pagi saham-saham perbankan rontok akibat kekhawatiran terhadap Deutsche Bank. Saham Deutsche Bank diberitakan ambruk 14%, setelah lonjakan dalam Credit Default Swaps (CDS) selama beberapa hari terakhir.

CDS merupakan suatu bentuk asuransi bagi para pemegang obligasi untuk melindungi mereka dari kemungkinan gagal bayar perusahaan. Akibatnya, harga saham Deutsche Bank telah kehilangan seperlima nilainya sejak awal bulan ini. Tak hanya Deutsche Bank, saham-saham perbankan raksasa Eropa lainnya ikut terseret termasuk UBS, Societe Generale, Barclays, dan BNP Paribas.

Dalam rapat FOMC pekan lalu, para pejabat Fed mengatakan tidak ada indikasi yang menunjukkan bahwa tekanan keuangan memburuk. Artinya, hal itu menjadi fakta yang memungkinkan bank sentral AS tersebut untuk tetap fokus pada penurunan inflasi dengan kebijakan kenaikan suku bunga. The Fed sendiri telah menaikkan suku bunga sebesar seperempat persentase poin sesuai dengan ekspektasi pasar.

Namun, sebagian pakar memperkirakan bahwa bank sentral AS tak bisa melanjutkan agresivitas mereka. Brian Jacobsen dari Allspring Global Investments in Menomonee Falls mengatakan bahwa sekarang ini The Fed akan banyak berharap jika kebijakan mereka tidak akan menambahkan bahaya pada sistem perbankan. Potensi perlambatan laju kenaikan suku bunga cenderung positif terhadap harga emas.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.