Note

Swiss Naikkan Suku Bunga Jumbo, USD/CHF Tertekan

· Views 28

Seputarforex - Dolar AS menjadi mata uang pecundang dalam perdagangan hari Kamis (23/Maret). Setelah terpukul pasca pengumuman hasil rapat FOMC pada dini hari tadi, USD tertekan lebih lanjut oleh pengumuman bank sentral Swiss dan Inggris pada sesi Eropa. USD/CHF jatuh sekitar 0.5% sampai kisaran 0.9130, sedangkan GBP/USD menanjak sekitar 0.5% sampai level tertinggi sejak awal Februari.

Swiss Naikkan Suku Bunga Jumbo, USD/CHF Tertekan Grafik USD/CHF Daily via TradingView

Swiss National Bank (SNB) memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuannya sebesar 50 basis poin dari 1.00% ke 1.50%, sesuai dengan ekspektasi konsensus. Ini merupakan kenaikan suku bunga keempat kalinya yang dilaksanakan demi menekan laju inflasi Swiss.

Laju inflasi Swiss tercatat sebesar 3.4% (Year-over-Year) pada Februari 2023. Angka itu jauh melampaui estimasi konsensus maupun para pengambil kebijakan moneter Swiss.

Proyeksi SNB terbaru menunjukkan estimasi inflasi akan mulai menurun dalam bulan-bulan mendatang, tetapi masih lebih tinggi dari target mereka. Proyeksi inflasi rata-rata 2.6% pada 2023, kemudian baru turun ke 2% pada 2024 dan 2025. Padahal, SNB telah memasang target inflasi dalam rentang 0% sampai 2%.

SNB hari ini menegaskan pula bahwa suku bunga dapat naik lebih lanjut demi menjamin pencapaian target inflasi dalam jangka menengah. Mereka mengakui adanya risiko perlambatan ekonomi dalam lingkungan suku bunga yang tinggi, tetapi yakin tingkat pengangguran akan tetap rendah.

SNB menjadi sorotan pasar belakangan ini dalam kaitannya dengan krisis yang membelit salah satu bank terbesar asal Swiss, Credit Suisse. SNB mengulurkan pinjaman hingga 50 miliar franc Swiss demi menalangi Credit Suisse, sekaligus memfasilitasi akuisisi UBS atas bank multinasional tersebut. Namun, krisis Credit Suisse agaknya tak memengaruhi kebijakan suku bunga SNB.

Pernyataan kebijakan SNB terbaru mengesampingkan masalah Credit Suisse, bahkan tidak membahas risiko instabilitas sektor perbankan sama sekali. Pernyataan tersebut hanya menyebutkan, "Kebijakan yang diumumkan pada akhir pekan oleh pemerintah federal, FINMA, dan SNB telah menghentikan krisis itu."

Swiss Naikkan Suku Bunga Jumbo, USD/CHF Tertekan

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.