Note

SVB Bangkrut, Apa yang Perlu Dilakukan BI dan OJK?

· Views 29

Jakarta, IDN Times - Ekonom menilai kolapsnya bank terbesar kedua di Amerika Serikat (AS), Sillicon Valley Bank (SVB) patut dinilai sebagai problem yang perlu diperhatikan serius. Apalagi, kolapsnya SVB disebabkan kenaikan suku bunga secara serentak di berbagai negara.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai,
kondisi kebangkrutan SVB menjadi pelajaran bahwa kenaikan suku bunga yang terjadi secara serentak di berbagai negara bisa meningkatkan risiko perbankan yang cukup serius.

"Jadi perbankan domestik pun perlu hati-hati menyusun strategi terutama terkait manajemen risiko," kata Bhima saat dihubungi, Senin (13/3/2023).

Baca Juga: Silicon Valley Bank Kolaps Usai Krisis Modal dalam 48 Jam

1. BI dan OJK perlu lakukan stress test

SVB Bangkrut, Apa yang Perlu Dilakukan BI dan OJK?Kantor Bank Indonesia (BI). IDN Times/Hana Adi Perdana

Bhima meminta Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan stress test terkait dampak SVB terhadap aliran pinjaman, modal, dan investasi dengan perbankan domestik.

"Belajar dari kasus Century, investasi yang bermasalah di AS dapat menjalar ke likuiditas perbankan domestik. Sejauh ini, semoga tidak ada dampak sistemik ke bank lokal," ujarnya.

Baca Juga: Daftar Startup yang Terkena Badai PHK, Terus Bertambah!

2. Efek SVB bangkrut terhadap startup

SVB Bangkrut, Apa yang Perlu Dilakukan BI dan OJK?Instagram.com/bhimayudhistira

Bhima mengatakan bangkrutnya SVB berefek terhadap pendanaan startup. Sebab, saat era dana murah atau quantitative easing di AS, banyak startup mendapat suntikan permodalan lewat SVB. Sehingga, masalah saat ini dikhawatirkan akan membuat suntikan modal baru ke startup kering.

"Ini akan memperpanjang winter startup. Efek lainnya adalah efisiensi besar-besaran di startup yang secara langsung dan tidak langsung terkait pendanaan dari SVB Bank dan modal ventura afiliasinya," ujarnya.

Baca Juga: Startup Hadapi Masa Tech Slowdown, Apa Penyebabnya?

3. Kebangkrutan SVB Sejak 8 Maret

SVB Bangkrut, Apa yang Perlu Dilakukan BI dan OJK?Google

Sebagai informasi, kebangkrutan SVB mulai tercium sejak Rabu, 8 Maret 2023. Laporan dari CNN Business menyebutkan, kala itu SVB mengumumkan penjualan banyak sekuritas dengan kerugian.

SVB juga mengumumkan bakal menjual saham baru senilai 2,25 miliar dolar AS guna menopang neracanya. Namun, hal tersebut justru memicu kepanikan para perusahaan modal ventura yang kemudian menyarankan perusahaan-perusahaan di bawahnya untuk menarik uang mereka dari SVB.

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.