Jakarta (ANTARA) - Direktur PT Sedaya Multi Investama atau Astra Financial Handoko Liem mengatakan pihaknya berencana meluncurkan bank digital pada September 2023 atau setahun setelah PT Astra Internasional Tbk mengakuisisi 49,56 persen saham PT Bank Jasa Jakarta pada September 2022.

Astra Financial saat ini sedang dalam proses mengembangkan sistem digital untuk Bank Jasa Jakarta yang nantinya akan diluncurkan sebagai bank digital.

"Setelah sistem dikembangkan, kita perlu cek dengan regulator. Saat ini kami sedang tek-tokan dengan regulator untuk prosesnya. Target kita memang satu tahun untuk launching karena variabelnya banyak," kata Handoko dalam Bincang-Bincang Astra Financial di Menara Astra, Jakarta, Rabu.

Dalam jangka pendek, Astra Financial akan berfokus menyehatkan keuangan dan menjaga pertumbuhan kinerja Bank Jasa Jakarta.

Saat ini, Bank Jasa Jakarta belum direncanakan menjadi induk keuangan Asta ataupun dijadikan perusahaan publik.

Sejalan dengan rencana peluncuran bank digital, Handoko mengatakan Astra Finansial berencana mendirikan sendiri perusahaan-perusahaan rintisan berbasis teknologi di bidang otomotif, alih-alih melakukan akuisisi.

Pasalnya, Astra Financial memperkirakan mengakuisisi perusahaan rintisan berbasis teknologi tidak akan lebih menguntungkan dibandingkan membangun sendiri.

"Yang kami butuhkan adalah orang-orang yang mampu untuk bikin dan mengembangkan platform, digital marketing dan konten sebagainya. Ketimbang beli mahal, (lebih baik) bikin bangun sendiri, yang dibeli berapa value chainnya," kata Handoko.

Sebelumnya, terbaru, perusahaan induk Astra Internasional (ASII) telah menyuntik dana setara hampir Rp500 miliar sepanjang semester I 2022 pada tiga startup, yakni Sayurbox, Paxel, dan Mapan.

Baca juga: Astra Financial targetkan laba bersih tumbuh 10 persen di 2023
Baca juga: FIF Group targetkan salurkan kredit Rp37,89 triliun di 2023
Baca juga: TAF rilis fitur baru untuk tingkatkan pelayanan konsumen

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2023