Note

Siapkan Subsidi Kendaraan Listrik, Jokowi Ingin Bersaing dengan Thailand

· Views 22
Siapkan Subsidi Kendaraan Listrik, Jokowi Ingin Bersaing dengan Thailand
Presiden Joko Widodo/Foto: Dok. Kemendag
Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar ekosistem kendaraan listrik bisa bersaing dengan Thailand. Airlangga menuturkan, Thailand memberikan insentif untuk mobil listrik mencapai Rp 80 juta.

Indonesia juga akan memberikan subsidi untuk kendaraan listrik. Saat ini, regulasi untuk subsidi ini sedang difinalisasi.

"Bapak Presiden mengatakan bahwa untuk ekosistem ini kita harus bersaing dengan Thailand. Thailand memberikan sekitar Rp 80 juta per mobil dan ini pemerintah sedang finalisasi regulasi tersebut," jelas Airlangga dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2023, Selasa (28/2/2023).

Airlangga mengatakan, subsidi untuk kendaraan listrik ini akan keluar dalam waktu dekat. Dia mengatakan, subsidi untuk motor sebesar Rp 7 juta, baik untuk pembelian motor baru maupun konversi BBM ke listrik.

"Pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan insentif untuk kendaraan bermotor roda dua sebanyak Rp 7 juta, baik itu motor untuk baru maupun untuk pergantian dari motor," kata Airlangga.

Airlangga menuturkan, sektor otomotif dipertimbangkan mendapat insentif di mana produksinya dilakukan di dalam negeri.

"Otomotif juga sedang kita pertimbangkan tapi seluruhnya berbasis kepada produksi dalam negeri," ujarnya.



Simak Video "Pemerintah Subsidi Kendaraan Listrik, Pengamat: Macet Bisa Makin Parah"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.