Note

EUR/USD Bertahan di 1,0600 Seiring Data Statistik Jerman, Pengukur Inflasi Pilihan Fed Membayangi

· Views 49
Share:
  • EUR/USD menyalin candlestick Doji hari sebelumnya di sekitar level terendah tujuh minggu.
  • Inflasi Zona Euro mendukung bias hawkish ECB menjelang sentimen dan data output Jerman.
  • Imbal hasil obligasi pemerintah AS, spekulasi pasar menunjukkan bahwa para pedagang telah memperhitungkan data AS yang kuat, kenaikan suku bunga The Fed menjadi 5,36%.
  • Indeks Harga PCE Inti AS, berita utama geopolitik menjadi kunci untuk menentukan arah yang jelas.

EUR/USD mencari arah yang jelas karena bergerak dalam kisaran perdagangan 25 pip selama awal hari Jumat, turun ke 1,0600 pada saat berita ini ditulis. Dengan demikian, pasangan mata uang utama ini menggambarkan kegelisahan pasar menjelang data/peristiwa penting, sementara juga berjuang untuk membenarkan berita utama geopolitik seputar Ukraina.

Baru-baru ini, RRT meluncurkan proposal 12 poin dan menyerukan gencatan senjata antara Rusia dan Ukraina, namun gagal untuk mendapatkan dukungan dari negara-negara besar di dunia karena hubungannya dengan Moskow. Sehubungan dengan itu, Kepala Delegasi Uni Eropa di RRT menyatakan bahwa RRT harus memenuhi tanggung jawabnya untuk mempertahankan piagam PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dalam menghadapi agresi Rusia.

Sebelumnya, kekhawatiran pasar bahwa data AS yang kuat dan kenaikan suku bunga Federal Reserve (Fed) lebih lanjut telah diperhitungkan tampaknya telah membebani imbal hasil obligasi pemerintah AS dan mendukung pemulihan EUR/USD. Namun, kekhawatiran geopolitik dan keraguan atas langkah Bank Sentral Eropa (ECB) selanjutnya tampaknya menguji para pedagang pasangan mata uang tersebut akhir-akhir ini.

"Fed funds futures diprediksikan akan mengalami kenaikan sebesar 25 basis poin (bp) dalam tiga pertemuan mendatang, dengan tingkat puncak 5,36% yang akan terjadi di bulan Juli," demikian dikutip dari Reuters.

Dari dalam negeri, konfirmasi data inflasi inti yang mencapai rekor tertinggi di dalam negeri dan meredanya resesi tampaknya membuat para pembeli Euro tetap berharap.

Di tempat lain, dorongan Senator AS untuk menghentikan maskapai-maskapai Tiongkok yang melintasi Rusia dalam penerbangan AS memperbaharui kekhawatiran pasar namun kesiapan untuk membuka dialog dengan Beijing, sesuai dengan komentar Menteri Keuangan Janet Yellen, menantang penghindaran risiko. Selain itu, Kementerian Perdagangan RRT mendesak AS untuk menciptakan kondisi yang baik untuk perdagangan dan juga menunjukkan kesiapan untuk mengambil lebih banyak langkah untuk menghidupkan kembali dan memperluas konsumsi.

Di tengah-tengah permainan ini, Wall Street ditutup di sisi positif tetapi S&P 500 Futures baru-baru ini gagal untuk melanjutkan pemulihan dari level terendah bulanan dengan mundur ke 4.013, turun 0,13% secara harian. Lebih lanjut, imbal hasil obligasi pemerintah AS 10 tahun bergerak di sekitar 3,875%, membuatnya kurang aktif pada hari ini, sedangkan imbal hasil obligasi dua tahun AS tetap tidak aktif di dekat 4,69% pada saat berita ini ditulis.

Selanjutnya, pembacaan akhir Produk Domestik Bruto (PDB) Jerman kuartal keempat (Q4) dan data Kepercayaan Konsumen GfK dapat menghibur EUR/USD menjelang rilis data pengukur inflasi yang lebih disukai oleh The Fed, yaitu data Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) AS untuk bulan Januari. Indeks Harga PCE diperkirakan naik 4,9% YoY pada bulan Januari, dibandingkan 5% sebelumnya. Lebih lanjut, Indeks Harga PCE Inti yang lebih relevan, yang dikenal sebagai pengukur inflasi favorit Fed, kemungkinan turun menjadi 4,3% YoY, dibandingkan 4,4% sebelumnya.

Singkatnya, EUR/USD diperdagangkan di atas es tipis menjelang data/peristiwa penting, namun bias bearish tampaknya lebih menguntungkan.

Analisis Teknikal 

Doji di dekat level terendah multi-hari pada hari Senin bergabung dengan RSI (14) yang hampir jenuh jual akun mendukung pemantulan korektif menuju puncak Desember 2022 di sekitar 1,0740. Meskipun demikian, konvergensi Exponential Moving Average (EMA) 100-hari dan garis support naik 11-pekan, mendekati 1,0550 pada saat berita ini ditulis, tampak sulit untuk ditembus oleh para penjual EUR/USD.

Level Teknis EUR/USD

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 1.06
Perubahan harian hari ini -0.0003
Perubahan harian hari ini % -0.03
Pembukaan harian hari ini 1.0603
 
Tren
SMA 20 Harian 1.0746
SMA 50 Harian 1.0727
SMA 100 Harian 1.0443
SMA 200 Harian 1.0331
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 1.0628
Rendah Harian Sebelumnya 1.0577
Tinggi Mingguan Sebelumnya 1.0805
Rendah Mingguan Sebelumnya 1.0613
Tinggi Bulanan Sebelumnya 1.093
Rendah Bulanan Sebelumnya 1.0483
Fibonacci Harian 38,2% 1.0608
Fibonacci Harian 61,8% 1.0596
Pivot Point Harian S1 1.0578
Pivot Point Harian S2 1.0552
Pivot Point Harian S3 1.0527
Pivot Point Harian R1 1.0628
Pivot Point Harian R2 1.0653
Pivot Point Harian R3 1.0679

 

 

Share: Feed news

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.