Note

Jokowi Patok Ekonomi Tumbuh 5,7 Persen di 2024, Ini Catatan Ekonom

· Views 39

Jakarta, IDN Times - Ekonom menilai cita-cita Indonesia menjadi negara maju pada 2045 semakin sulit dikejar. Sebab, pemerintah hanya memasang target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3-5,7 persen di 2024.

"Dengan pertumbuhan ekonomi yang hanya di kisaran 5 persen, sulit bagi Indonesia mencapai target negara maju dalam 20 tahun ke depan," kata Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS), Bhima Yudhistira kepada IDN Times, Selasa (21/2/2023).

Baca Juga: Jokowi Incar Pertumbuhan Ekonomi 5,7 Persen di Akhir Jabatan

1. Butuh pertumbuhan rata-rata 7 persen buat jadi negara maju

Jokowi Patok Ekonomi Tumbuh 5,7 Persen di 2024, Ini Catatan Ekonomilustrasi ekonomi (IDN Times)

Bhima menjelaskan, dibutuhkan pertumbuhan ekonomi rata-rata 7 persen agar Indonesia bisa loncat menjadi negara maju. Sementara itu, sejak Jokowi menjabat, pertumbuhan ekonomi mentok di 5 persenan.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya tumbuh 4,88 persen di 2015, 5,03 persen di 2016, 5,07 persen di 2017, 5,17 persen di 2018, 5,02 persen di 2019. Kemudian ekonomi Indonesia negatif 2,07 persen pada 2020 akibat pandemik COVID-19. Selanjutnya ekonomi Indonesia tumbuh 3,7 persen di 2021, dan 5,31 persen di 2022.

Sementara target pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini adalah 5,3 persen, dan tahun depan 5,7 persen. Artinya berdasarkan realisasi dan target ke depan, ekonomi Indonesia belum pernah menyentuh 7 persen secara tahunan.

"Setidaknya butuh rata-rata pertumbuhan 7 persen untuk bisa loncat jadi negara maju," tutur Bhima.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Tips Menggunakan PayLater, Jangan Sampai Keder!
  • Hari Valentine, 2.000 Buruh Bakal Demo di Kantor Pusat PLN
  • Jika Tidak Direspons Dirut PLN, Buruh Siap Demo Kantor Erick Thohir

Baca Juga: MinyaKita Langka karena Diduga Ditimbun di Sumut, Ekonom: Harus Diusut

2. Ekonomi Indonesia tertinggal dibandingkan tetangga

Jokowi Patok Ekonomi Tumbuh 5,7 Persen di 2024, Ini Catatan EkonomIlustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Dibandingkan beberapa negara di kawasan Asean, pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup tertinggal sehingga Indonesia mengalami persaingan yang ketat.

"Selain pertumbuhan yang cenderung rendah untuk skala negara berkembang, Indonesia juga alami persaingan sengit dari negara di kawasan. Misalnya Vietnam tahun 2022 lalu tumbuh 8 persen, kemudian ada Malaysia yang rebound 8,7 persen," ujar Bhima.

Baca Juga: Ada Pemilu 2024, OJK Ramalkan Perekonomian Indonesia Bakal seperti Ini

3. Ada pekerjaan rumah yang harus dibereskan pemerintah

Jokowi Patok Ekonomi Tumbuh 5,7 Persen di 2024, Ini Catatan EkonomIlustrasi industri. (IDN Times/Arief Rahmat)

Bhima menjelaskan, selain pertumbuhan yang cenderung tertinggal, Indonesia juga punya persoalan di sektor industri yang mengalami penurunan, yang mana porsi industri non-migas berada di 16,4 persen per 2022, turun dari pra-pandemik tahun 2019 di angka 17,5 persen.

"Jadi bukan hanya soal angka pertumbuhan, secara struktur juga rapuh. Kita hanya tumbuh andalkan booming harga komoditas, yang diperkirakan tahun ini bakal melandai. Kalau batu bara dan CPO tidak lagi berjaya, bisa gawat motor pertumbuhan," tuturnya.

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.