Note

Alfamart Group Dikabarkan Incar 5-10 Persen Saham MMIX

· Views 44

Pasardana-id - Kelompok usaha Alfamart dikabarkan akan membeli sekitar 5-10 persen saham PT Multi Medika Internasional Tbk (IDX:MMIX) yang beredar di masyarakat. Target kepemilikan 5-10 persen direncanakan akan dibeli secara bertahap sejak perusahaan MMIX melantai di bursa Desember 2022 lalu.

“Secara grup, Alfamart ditargetkan akan mengantongi sekitar 5-10 persen yang terdiri dari pembelian secara bertahap sejak listing sampai dengan bulan Februari ini. Pembelian ini akan sangat strategis untuk bisnis MMIX ke depan karena akan terjadi sinergi untuk pemasaran sejumlah produk yang lisensinya dipegang perseroan,” ujar sumber yang dekat dengan manajemen MMIX.

Seperti diketahui, MMIX tercatat sebagai pemegang lisensi Intellectual Property merchandise BTS Tiny Tan dan BT21 asal dari Korea, terutama untuk produk  F&B & FMCG. “Nah, produk-produk ini akan distribusikan melalui jaringan Alfamart dan Modern Retail lain nya,” lanjut sang sumber.

Setelah tercatat  di Bursa Efek Indonesia, sekitar 80 persen saham MMIX digenggam PT Multi Inti Usaha 80 persen. Selain itu, Mengky Mangarek tercatat sebagai pemegang 8 persen, Eveline Natalia Susanto 8 persen, Hillary Josephine 2 persen, Allen Felliciano 2 persen.

Pembelian saham oleh pendiri Alfamart ini terjadi di tengah perluasan MMIX mualai menunjukkan dampak signifikan pada bisnis perseroan. Terakhir MMIX menamabah daftar intellectual property untuk memasarkan produk dari salah satu brand ternama.

Lewat berbagai langkah strategi itu, manajemen memperkirakan pendapatan MMIX tahun 2023 bakal meningkat sekitar 30 persen. Peningkatan ini merupakan lanjutan dari tren positif pertumbuhan kinerja perseroan 2021 membukukan penjualan sekitar Rp 180 miliar, dan penpatan 2022 diperkirakan tumbuh sekitar 10-15 persen.

Sebelum kabar pembelian saham MMIX, Djoko Susanto baru saja mengakuisisi 4,65% saham PT Jasa Berdikari Logistics Tbk (LAJU) yang setara 100 juta lembar. Salah Putri Djoko Susanto, yakni Feny Djoko Susanto juga resmi tercatat sebagai pemegang saham LAJU  ebanyak  15 juta saham atau 0,7 persen.  

Melihat ekspansi grup usaha ritel ini, pembelian Alfamart atas saham MMIX terbuka untuk terus meningkat.

"Kepemilikan group Alfamart bisa saja terus bertambah sampai dengan 20% mengingat MMIX sangat ekspansif selain ke sektor F&B dan FMCG akan juga merambah ke produk Skin Care and Beauty Product berlisensi IP Korea dari Brand Ternama tersebut,” ujarnya.  

Langkah ekspansi ini memantapkan group Alfamart pada sector-sektor  FMCG yang mereka kuasai dan distribusikan di jaringan Alfamart. Saat ini terdapat sekitar   17.000 jaringan Alfamart dan 2.000 outlet Alfamdii diseluruh Indonesia.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

👍

-THE END-