Note

Investasi Menggunakan Robot Trading, Apakah Aman?

· Views 25

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Dalam berinvestasi, investor memiliki mekanisme, teknik, hingga alatnya masing-masing. Penggunaan ini dilakukan dengan menyesuaikan kemampuan dan kenyamanan mereka untuk meraih keuntungan yang besar.

Salah satunya adalah penggunaan robot trading yang ramai ditawarkan banyak perusahaan. Namun, ada beberapa yang menganggap kalau menggunakan robot trading berpotensi menimbulkan kerugian.

Bahkan, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengungkapkan robot trading merupakan kegiatan ilegal terbanyak pada 2021–2022.

Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman masyarakat dan mereka hanya menginginkan keuntungan cepat. Kesalahan-kesalahan lainnya juga dibahas dalam siniar CUAN bertajuk “Kesalahan Ketika Invest Pake Robot Trading” dengan tautan akses dik.si/CUANRobot.

Apa Itu Robot Trading?

Mengutip The Balance Money, alat bantu trading dengan bantuan teknologi digital memiliki beberapa nama berbeda, seperti Expert Advisors (EA), robot trading, program trading, hingga automated trading atau black box trading.

Baca juga: Emas Jadi Instrumen Investasi Paling Aman, Apa Benar?

Perangkat ini bekerja secara otomatis untuk memantau kondisi pasar saham, mengkalkulasi peluang entry, menempatkan transaksi, serta melakukan manajemen risiko berdasarkan algoritma yang telah ditanamkan pada baris-baris programnya.

Namun, meskipun ‘otomatis’, robot trading tidak bisa dioperasikan tanpa adanya user. Dibutuhkan pengetahuan pengoperasian robot trading dan instrumen investasi agar sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Selain itu, membuat program perdagangan membutuhkan pengetahuan perdagangan yang luas, serta keterampilan pemrograman.

Namun, karena ini adalah perangkat lunak, pastinya memerlukan pembaharuan yang menyesuaikan dengan kondisi pasar. Jika tidak diperbarui, keuntungan yang diperoleh pun menjadi minim karena penggunaannya tak sesuai dengan pasar.

Hai Sobat, apakah kamu sudah memiliki asuransi?

Apa jenis asuransi yang kamu pilih?

Apa tujuan Kamu dalam menggunakan asuransi tersebut?

Yuk Lebih Cari Tahu!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey Login

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.