Note

Jokowi Luncurkan Kartu Tani Digital untuk Pupuk Bersubsidi

· Views 26
Presiden Jokowi luncurkan Kartu Tani Digital untuk pupuk bersubsidi. Foto: Dok Sekretaris Presiden

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Kartu Tani Digital untuk pupuk bersubsidi. Peluncuran tersebut dilakukan hari ini, Jumat (10/22023) di Kabupaten Aceh Utara.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini saya luncurkan kartu tani digital untuk pupuk bersubsidi," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (10/2/2023).

Tak hanya meluncurkan Kartu Tani Digital, Jokowi juga menyerahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2023 kepada masyarakat Aceh. Dia pun meminta masyarakat Aceh untuk bersyukur lantaran ekonominya tumbuh cukup signifikan setelah sebelumnya minus.

"Kita juga patut bersyukur, alhamdulillah. Di 2020 di Aceh, ekonomi tumbuhnya minus, minusnya 0,37 persen. Tahun kemarin, 2022 ekonomi Aceh sudah tumbuh plus 4,21 persen," ujarnya.

"Ini patut kita syukuri loh, jangan lupa bersyukur. Jangan lupa nikmat yang diberikan Allah kepada kita dari minus 0,3 menjadi plus 4,2 sekali lagi patut kita syukuri," ibuh Jokowi.

Dia menjelaskan Bank Syariah Indonesia (BSI) menyediakan pembiayaan Rp14 triliun untuk KUR bagi seluruh masyarakat Indonesia. Adapun jatah untuk Aceh sebesar Rp3 triliun.

"Aceh sendiri dapet gede banget jatahnya Rp3 triliun. Ini loh Rp14 (triliun), di Aceh sendiri dijatah Rp3 triliun. Ini juga patut kita syukuri," ucap Jokowi.

Dia yang pernah bekerja di Aceh, mengaku bahwa kota Serambi Mekkah tersebut memiliki potensi perekonomian yang sangat bagus.

"Saya melihat, saya ini kan pernah di Lhokseumawe, pernah di Bener Neriah tahu bahwa potensi di Aceh ini sangat-sangat besar. Baik itu perdagangan, baik itu yang namanya perikanan, baik itu yang namanya pertanian, perkebunan semuanya ada di sini," tutur Jokowi.

Dia pun berniat ingin membangkitkan kembali perekonomian dengan membuka lagi pabrik NPK PT Pupuk Iskandar Muda (PIM). Jokowi berharap dengan dibukanya PIM dapat membuka lapangan kerja.

"Saat dulu saya bekerja (tahun) '85, '86, '87, '88, semua ini hidup. Ekonomi Aceh juga kelihatan gerakannya tapi karena gasnya habis tutup semua, pabrik gede-gede tutup semua. Kalau tutup semua artinya apa? PHK semuanya. kalau PHK semuanya, artinya apa uang yang beredar di masyarakat menjadi berkurang?" kata Jokowi.

"Karena ekonomi akan tumbuh kalau sebuah negara atau sebuah provinsi atau sebuah daerah itu peredaran uangnya semakin banyak, sehingga kalau tadi dijatah (pembiayaan KUR) oleh Pak Dirut (BSI) tadi Rp3 triliun itu akan me-trigger, memperkuat, mengembangkan ekonomi di Aceh, saya seneng sekali," tambahnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.