Note

Mengenal Uang Kuasi dalam Dunia Perbankan, Salah Satu Aset Berharga!

· Views 38

Uang kuasi sudah menjadi istilah yang tak asing lagi dalam dunia perbankan terlebih lagi istilah ini berhubungan dengan segala macam simpanan yang dimiliki oleh nasabah atau investor di lembaga keuangan bank. Namun uang ini rupanya tidak dapat digunakan secara penuh, sebab memang penggunaannya hanya dapat dilakukan sesuai dengan sebagian dari fungsinya saja. 

Lain halnya dengan sebagian masyarakat yang masih awam dengan istilah uang kuasi. Untuk menambah wawasan, berikut penjelasan tentang uang kuasi yang bisa kamu simak. Yuk, baca sampai akhir!

Baca Juga: Uang Kartal: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Ciri-Cirinya

1. Pengertian uang kuasi

Mengenal Uang Kuasi dalam Dunia Perbankan, Salah Satu Aset Berharga!ilustrasi investasi (pexels.com/Lukas)

Di bawah ini merupakan beberapa pengertian uang kuasi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pengertian uang kuasi berdasarkan BI

BI atau Bank Indonesia menyebut uang kuasi sebagai suatu jenis aset yang rupanya dapat diuangkan tentunya dalam kurun waktu yang lebih cepat dan lebih singkat. Hal ini tentu diterima dengan baik oleh masyarakat karena prosesnya yang cepat tersebut bisa memuaskan para pelanggan ataupun nasabah bank. 

Selain itu dijabarkan pula bahwa uang jenis ini hadir dalam beberapa macam bentuk. Mulai dari bentuk simpanan hingga deposito atau bisa juga dalam bentuk simpanan valas.

  • Pengertian uang kuasi berdasarkan OJK

Bukan hanya BI saja yang mengemukakan pernyataannya mengenai apa yang dimaksud dengan uang kuasi. Rupanya OJK atau Otoritas Jasa Keuangan juga memiliki definisi dari uang kuasi yang umumnya disebut juga dengan istilah asing yaitu quasi money

Quasi money bisa diartikan atau dimaknai sebagai suatu kewajiban sistem moneter yang hadir dalam bentuk deposito berjangka. Tidak hanya itu saja namun uang jenis ini juga hadir dalam bentuk tabungan dengan mata uang yang bernilai rupiah serta saldo rekening dari valuta asing tepatnya milik penduduk. 

  • Definisi operasional

Bisa dikatakan pula bahwa uang kuasi yang hadir baik dalam bentuk deposito berjangka maupun dalam bentuk tabungan ini tidak dapat dipakai setiap saat karena sistem pembayarannya terikat dengan waktu tertentu. Namun, uang jenis ini bisa dibilang merupakan aktiva tepatnya milik sektor swasta domestik yang bisa menjalankan fungsinya sebagai uang.

Dalam hal ini fungsi uang yang tidak dapat terpenuhi adalah fungsi medium of exchange atau fungsinya sebagai media pertukaran. 

  • Pengertian dalam istilah ekonomi

Makna dari uang kuasi juga bisa dijabarkan tepatnya dalam istilah ekonomi. Dimana hal ini menekankan adanya aset yang dapat diuangkan dalam proses waktu yang cenderung cepat atau singkat.

Selain itu penjabarannya juga meliputi bentuknya seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya yaitu dalam bentuk tabungan dan deposito serta simpanan valas yang menjadi milik dari pihak swasta domestik. 

2. Fungsinya dalam dunia perbankan

Mengenal Uang Kuasi dalam Dunia Perbankan, Salah Satu Aset Berharga!ilustrasi transaksi.IDN Times/Reza Iqbal

Adapun fungsi dari uang kuasi ini pada dasarnya tetaplah sama dengan jenis uang pada umumnya. Fungsinya yaitu sebagai alat pembayaran yang sah dan paling tepat untuk digunakan dalam transaksi apa saja. 

Namun sayangnya, uang jenis ini tidaklah dapat digunakan untuk melakukan transaksi sewaktu-waktu atau kapan saja. Karena memang uang jenis ini memiliki keterikatan waktu tersendiri yang membuatnya tidak sama dengan fungsi dari uang pada umumnya. 

Baca Juga: Pasar Uang: Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, Fungsi dan Instrumen

3. Ciri-ciri

Mengenal Uang Kuasi dalam Dunia Perbankan, Salah Satu Aset Berharga!Ilustrasi transaksi (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebagai suatu bentuk aset, uang jenis kuasi ini memiliki beberapa macam ciri tertentu yang perlu diketahui. Salah satu cirinya adalah kemungkinan baginya untuk digunakan dalam melakukan suatu jenis transaksi ekonomi.

Ciri lain dari uang jenis ini adalah bentuk asetnya yang tidak memiliki tingkat likuiditas yang sama halnya dengan uang kertas. Di samping itu masih ada pula ciri lain dari jenis uang ini yaitu adanya kesulitan yang bisa saja dihadapi oleh pemiliknya, terutama pada saat akan melakukan proses pencairan uang sebab adanya keterkaitan dengan waktu yang membuatnya akan sulit untuk mendapatkan bunga.  

4. Keuntungan

Mengenal Uang Kuasi dalam Dunia Perbankan, Salah Satu Aset Berharga!Ilustrasi aliran dana dan anggaran (IDN Times/Aditya Pratama)

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan melalui penggunaan quasi money ini salah satunya yaitu mempermudah proses pembayaran dikarenakan adanya kesulitan dalam melakukan penghitungan uang. Di samping itu kesalahan yang bisa didapati dalam jumlah pembayaran bisa dibilang cukup minim. 

Keuntungan lainnya dari uang kuasi adalah adanya penerimaan pembayaran dengan jumlah nominal yang cenderung tidak terbatas sekaligus pencairannya bisa dilakukan dengan disesuaikan pada kebutuhan pemilik. 

5. Contoh uang kuasi

Mengenal Uang Kuasi dalam Dunia Perbankan, Salah Satu Aset Berharga!Ilustrasi obligasi (IDN Times/Aditya Pratama)

Contoh dari uang kuasi antara lain beberapa jenis surat berharga seperti misalnya sertifikat rumah dan sertifikat lainnya. Contoh lainnya yaitu saham dan juga obligasi yang keduanya ini berhubungan dengan sekuritas. 

Ada pula contoh lain yaitu dalam bentuk tabungan serta deposito dan juga deposito berjangka serta rekening giro dan valas. 

Demikianlah penjelasan tentang uang kuasi. Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan dan informasi kamu tentang uang kuasi dalam dunia perbankan, ya.

Baca Juga: Yuk, Kenali 5 Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral agar Tak Keliru

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.