Note

Minyakita Mulai Langka, Pedagang Pilih Jual ke Pelanggan Setia

· Views 26
Pasokan Minyakita di pasaran mulai langka. (Foto: MPI/Advenia Elisabeth)

BEKASI, iNews.id - Minyak goreng curah kemasan sederhana dengan merek Minyakita mulai langka di pasaran. Dampaknya, baik agen maupun pedagang di pasar tradisional memilih menjual Minyakkita ke pelanggan setia. 

Santi, salah satu pedagang sembako di Pasar Mangunjaya Tambun, Bekasi, Jawa Barat, mengatakan mulai sulit mendapatkan Minyakita dari agen. Sekarang, yang bisa mendapatkan Minyakita hanyalah pelanggan-pelanggan setia agen tersebut. Sementara yang bukan pelanggan setianya tidak kebagian. 

"Sekarang agen aja jual Minyakita pilih-pilih orang. Dikasihnya ke pelanggan setianya doang. Kalau kaya misalnya, enggak dapat. Pasti kehabisan terus," ujar Santi saat ditemui MNC Portal Indonesia di pasar tradisional Mangunjaya Tambun, Bekasi, Senin (30/1/2023).

Santi menuturkan, jika sewaktu-waktu ia kebagian Minyakita dari agen, dia pun menjual di warungnya juga pilih-pilih pembeli. Artinya, hanya langganan setianya saja yang ia berikan barang. 

Dia mengungkapkan, hal itu dilakukan guna menjaga hubungan baik dengan pelanggan setianya. "Akhirnya saya juga pilih-pilih pembeli. Kalau yang datang ke warung saya itu pelanggan setia saya, saya kasih Minyakitanya, tapi kalau bukan yang langgan, ya nggak. Karena udah langganan jadi biar relasinya baik. Kelangsungan usaha saya kan ada di pelanggan setia," ujarnya. 

Santi menjelaskan, harga Minyakita di warungnya kini sudah tak lagi Rp14.000 per liter. Melainkan Rp15.000 per liter. Naiknya harga jual tersebut lantaran harga beli di agen sudah merangkak naik. Tak lagi Rp12.000 atau Rp12.500 per liter melainkan Rp14.000 per liter. 

"Di agen sekarang udah Rp14.000 per liter. Susah saya naikin tinggi-tinggi. Kasian juga pelanggan saya kalau saya kasih harga Rp16.000-17.000 per liter. Jadi saya nggak apa-apa untung dikit. Saya paling jual Rp14.500 atau Rp15.000," ungkap Santi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.