Note

Nyaris Lewati Target, Pemerintah Tambah Kuota SBR012 Jadi Rp15 Triliun

· Views 29
Nyaris Lewati Target, Pemerintah Tambah Kuota SBR012 Jadi Rp15 Triliun
Nyaris Lewati Target, Pemerintah Tambah Kuota SBR012 Jadi Rp15 Triliun (foto: MNC Media)

IDXChannel - Seperti halnya penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) sebelumnya, langkah pemerintah untuk menawarkan SBR012 rupanya juga laris-manis diserbu masyarakat.

SBN Ritel tersebut ditawarkan dalam dua seri, yaitu SBR012-T2 dengan tenor dua tahun dan SBR012-T4 dengan tenor empat tahun. Kedua seri tersebut ditawarkan ke masyarakat dalam kurun waktu 19 Januari hingga 9 Februari 2023 mendatang.

Baca Juga:
Laku Keras, Kemenkeu Tambah Kuota SBR012 Jadi Rp15 Triliun

Klaim tingginya minat masyarakat terhadap SBN terbaru tersebut terkonfirmasi dari data update nilai total pemesanan yang hingga Sabtu (28/1/2023) malam lalu telah mencapai Rp9,87 triliun, dengan jumlah investor sebanyak 35.666 SID (Single Investor Identification).

Jumlah tersebut terbagi atas Rp7,14 triliun pada SBR012 dengan jumlah investor sebanyak 23.980 SID, dan Rp2,74 triliun untuk SBR012-T4, dengan jumlah investor sebanyak 11.686 SID.

Baca Juga:
Pemerintah Terbitkan SBR012, Kemenkeu: Investor Asing Tidak Boleh Beli

"Pada hari Jumat, 27 Januari 2023, capaian penerbitan SBR seri SBR012-T2 dan SBR012-T4 telah mencapai Rp9,87 triliun, atau hampir mencapai 100 persen dari target awal penerbitan yang sebesar Rp10 triliun," ujar Direktur Surat Utang Negara, Deni Ridwan, dalam keterangan resminya, Minggu (29/1/2023).

Karena target yang telah hampir tercapai, Deni menjelaskan, pemerintah telah memutuskan menambah kuota penerbitan menjadi sebesar Rp15 triliun.

Baca Juga:
Jadi Mitra Pemerintah, Bank Commonwealth Optimistis Penjualan SBR012 Capai Target 

"Mengingat antusias dari masyarakat yang masih sangat
tinggi dan masa penawaran yang masih akan berakhir tanggal 9 Februari 2023, maka pemerintah menambah kuota SBR menjadi sebesar Rp15 triliun," ungkap Deni.

Berkaca dari pengalaman penerbitan SBN ritel sebelumnya, lanjut Deni, banyak investor yang tidak berhasil mendapatkan alokasi karena kuota yg ditawarkan sudah terlanjur habis.

Karenanya, calon investor diimbau untuk segera memanfaatkan kesempatan ini, karena penawaran SBN ritel melalui paltform online dilakukan berdasarkan first come first served (siapa cepat dia dapat).

Untuk semakin mendorong minat masyarakat terhadap SBR012, Direktorat Surat Utang Negara bekerja sama dengan Dana Rakca Cyclist dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Cabang Sudirman I menyelenggarakan acara Gowes Bareng (GoBar) dengan mengambil tema Gowes Bareng Untuk Tetap Bahagia.

Pemilihan tema tersebut selaras dengan key message penerbitan Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR012-T2 dan SBR012-T4 yaitu Pilihan Berharga Untuk Tetap Bahagia.

"Penting sekali untuk tetap memiliki badan yang sehat dengan rutin berolahraga, termasuk bersepeda, tanpa mencemaskan kehidupan secara berlebihan karena rasa bahagia merupakan salah satu penentu hari esok maupun masa depan," papar Deni.

Salah satu langkah menuju ke sana, papar Deni, adalah harus benar dalam berinvestasi yang betul-betul aman sekaligus menguntungkan adalah Savings Bond Ritel.

"Ingat kata pepatah, Penyesalan biasanya datang di akhir, kalau di awal namanya Pemesanan. Pemesanan SBR012, Pilihan Berharga untuk Tetap Bahagia," tegas Deni. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.