Note

Waspada Kejahatan Online dengan Modus Phising, Apa Itu?

· Views 22
Waspada Kejahatan Online dengan Modus Phising, Apa Itu?

jpnn.com, JAKARTA - Bahaya kejahatan online menggunakan metode phising makin mengancam pengguna internet secara luas.

Apalagi, banyak peredaran link atau tautan phising yang disebarkan melalui berbagai channel dan platform di internet, misalnya dari media sosial, aplikasi messaging, dan email.

Phising adalah tindak kejahatan pelaku online untuk memancing data pribadi serta informasi sensitif dan berharga dari lautan pengguna internet dengan berbagai trik.

Baca Juga:
  • Waduh! 356.786 Phising di Sektor Finansial Terdeteksi di Indonesia

Praktisi keamanan siber Restia Moegiono menyampaikan sistem internet dan teknologi saat ini sudah kuat dan aman sehingga pelaku kejahatan online melakukan peretasan pada manusia.

“Ancaman phising bisa menyerang siapa saja, bahkan orang terpintar sekalipun. Pelaku phising juga mengaku mendapatkan kepuasan tersendiri bagi mereka jika berhasil untuk mengelabui seseorang karena merasa menjadi lebih pintar dari orang tersebut,” ujar Restia, Selasa (24/1).

Berdasarkan data Anti Phishing Working Group (APWG) pada Desember 2022 melaporkan adanya lebih dari 1,2 juta serangan phising secara global selama kuarter 3 2022.

Baca Juga:
  • Pandi Catat Ada 5.579 Laporan Phising di Indonesia, Paling Banyak Perusahaan Ini

Adapun penipuan yang dilakukan menggunakan phising melalui email tercatat meningkat sebanyak 1.000 persen.

Menurut Restia, dampak phising yang sangat besar baik pada seseorang maupun bisnis membuat pengguna internet harus jauh lebih berhati-hati dalam menanggapi kiriman tautan terutama dari orang yang tidak dikenal.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.