Note

Samudera Indonesia Stock Split, Ini Jadwalnya

· Views 21

Samudera Indonesia Stock Split, Ini Jadwalnya

Emiten Pelayaran PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) memastikan akan melaksanakan pemecahan nominal saham (stock split) dengan perbandingan 1:5 pada akhir Januari nanti.

“SMDR akan melakukan stock split dengan nilai nominal lama Rp 25 per saham menjadi Rp 5 per saham,” tulis sekretaris korporasi Samudera Indonesia Farida Helianti, dikutip dari laporan keterbukaan BEI pada Rabu, (25/1/2023).

Adapun tanggal efektif pemecahan saham adalah 31 Januari 2023. Dengan kata lain, akhir perdagangan saham dengan nilai nominal lama di seluruh pasar bertepatan pada 30 Januari 2023. Kemudian, nilai nominal baru saham SMDR akan mulai diperdagangkan di pasar tunai mulai 2 Februari 2023.

Adapun jumlah saham sebelum stock split ditaksir sebanyak 3.275.120.000. Setelah itu, saham SMDR akan berjumlah 16.375.600.000 lembar.

Sebelumnya, emiten ini sempat menunda stock splitnya sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 2 November 2022. Hal ini dikutip dari laporan Keterbukaan Informasi Samudera Indonesia 7 Desember 2022.

Sebelumnya, Samudera Indonesia Tbk menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar USD 150 juta atau setara dengan Rp 2,29 triliun (asumsi kurs Rp 15.327 per dolar AS) pada 2023.

“Kami akan gunakan belanja modal untuk menambah kapasitas yang dibutuhkan dalam melayani pelanggan, misalnya menambah kapal, menambah fasilitas logistik, seperti lahan dan pergudangan, truk dan alat berat lainnya,” kata Direktur Utama Samudera Indonesia, Bani Maulana Mulia kepada Liputan6.com, Kamis, 12 Januari 2023.

Di sisi lain, Samudera Indonesia juga melihat prospek kinerja keuangan perusahaan positif pada tahun ini.  Bani optimistis bisa mencapai hasil yang baik pada 2023.

“Memang kinerja “extraordinary” (luar biasa) terjadi pada 2021 dan 2022, akibat efek berbagai faktor dalam masa pandemi, dan menghasilkan kinerja yang luar biasa,” kata Bani.

Bani mengaku, untuk mengulang hal tersebut tentu tidak mudah, dan kemungkinan besar tidak berulang pada 2023. Bahkan, semua faktor juga bisa memberikan dampak terhadap kinerja SMDR itu sendiri.

 

 

 

Sumber

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.