Note

Inflasi Australia lebih Tinggi Dari Ekspektasi, AUD/USD Melonjak

· Views 22

Seputarforex - Pada hari Rabu (25/Januari), Biro Statistik Australia merilis data inflasi konsumen yang naik 7.8 persen secara tahunan (Year-over-Year) pada kuartal keempat 2022. Angka ini lebih tinggi ketimbang ekspektasi ekonom yang memperkirakan penguatan dari 7.3 persen ke 7.5 persen.

Inflasi Australia lebih Tinggi Dari Ekspektasi, AUD/USD Melonjak

Inflasi tahunan Australia saat ini mencapai rekor tertinggi dalam tiga dekade terakhir. Secara terperinci, lonjakan inflasi ditopang oleh kenaikan harga di sektor makanan, bahan bakar, dan konstruksi hunian baru. Harga makanan meningkat dari 9.0 persen ke 9.2 persen, level tertinggi sejak kuartal III 2006. Sementara itu, harga transportasi naik dari 8.0 persen menjadi 9.2 persen. Sektor lain yang mencatatkan kenaikan harga adalah perumahan (10.7 persen), alkohol dan tembakau (4.4 persen), perabotan (8.4 persen), hiburan (9.0 persen), kesehatan (3.8 persen), serta asuransi dan jasa kesehatan (5.0 persen).

Dalam basis kuartalan, inflasi konsumen Australia menanjak dari 1.8 persen ke 1.9 persen. Ini merupakan peningkatan ke-4 secara berturut-turut yang menandai pencapaian terbesar sejak diterapkannya Goods and Services Tax di Australia pada 2000 silam.

Bank sentral Australia sebenarnya sudah berulang kali melakukan rate hike sejak pertengahan tahun lalu untuk meredam laju inflasi. Namun dengan perolehan inflasi konsumen yang terus menguat, maka pasar memperkirakan RBA akan menaikkan suku bunga secara agresif pada pertemuan kebijakan selanjutnya.

 

Kenaikan Dolar Australia pagi ini tidak hanya dipicu oleh meningkatnya prospek rate hike RBA, tetapi juga pulihnya sentimen risiko global menyusul rilis data aktivitas bisnis yang lebih tangguh di Eropa. Sektor jasa Zona Euro bahkan kembali ke zona ekspansi. Sebagai mata uang yang peka dengan minat risiko pasar, Dolar Australia merespon kondisi tersebut dengan kenaikan tajam.

Saat berita ini diturunkan, AUD/USD terpantau menguat 0.76 persen di level 0.7097, melanjutkan reli bullish yang sudah terbentuk dalam 4 hari perdagangan berturut-turut. Secara teknikal, pair ini juga berhasil menembus level psikologis 0.7000.

Inflasi Australia lebih Tinggi Dari Ekspektasi, AUD/USD Melonjak

Inflasi Australia lebih Tinggi Dari Ekspektasi, AUD/USD Melonjak

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.