Note

Imbas Risiko Resesi Global, Google PHK 12.000 Pekerja

· Views 18

NEW YORK, KOMPAS.com - Induk perusahaan Google, Alphabet Inc. melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 12.000 karyawan atau 6 persen dari keseluruhan tenaga kerja globalnya. Pemangkasan jumlah pekerja ini diumumkan pada Jumat (20/1/2023) lalu.

PHK tersebut terjadi pada seluruh tim dan mereka yang terdampak telah dikirimi email oleh pihak manajemen Alphabet.

Mengutip CNN, Senin (23/1/2023), CEO Alphabet Inc. Sundar Pichai mengatakan, perusahaan sempat mengalami pertumbuhan yang tinggi selama dua tahun terakhir karena permintaan layanannya yang meningkat di masa pandemi.

Baca juga: Susul Google, Spotify Berencana Lakukan PHK Karyawannya Pekan Ini

Peningkatan yang menguntungkan itu membuat perusahaan menambah 50.000 karyawan. Namun dalam beberapa kuartal terakhir, bisnis iklan digital melambat imbas pelemahan ekonomi dan kekhawatiran resesi global yang membuat pengiklan mengurangi pengeluarannya untuk beriklan.

"Selama dua tahun terakhir kami telah melihat periode pertumbuhan yang dramatis. Namun, untuk mempertahankan dan mendorong pertumbuhan itu, kita menghadapi realitas ekonomi yang berbeda pada saat ini," kata Pichai dalam email tersebut.

Ia mengatakan, kebijakan PHK itu akan memengaruhi kinerja tim di seluruh perusahaan, termasuk bagian perekrutan dan beberapa fungsi perusahaan, serta beberapa tim teknik maupun pada produk.

Baca juga: Riset Google: Transaksi Belanja di E-Commerce Diproyeksikan Tumbuh 59 Miliar Dollar AS di 2022

Meski demikian, menurut Pichai, PHK adalah bagian dari upaya untuk memfokuskan kembali pada bisnis inti perusahaan, serta investasi awal dalam artificial intelligence (AI). Dia akan bertanggung jawab secara penuh atas keputusan dan konsekuensi dari adanya PHK besar-besaran itu.

"Saya bertanggung jawab penuh atas keputusan yang membawa kami ke sini. Namun saya yakin tentang peluang besar di depan kita," ungkapnya.

Baca juga: Ketidakpastian Ekonomi Meningkat, Microsoft Bakal PHK 10.000 Karyawan


Adapun untuk karyawan AS yang terkena dampak akan menerima paket pesangon. Pesangon tersebut mencakup gaji 16 minggu, ditambah gaji tambahan dua minggu untuk setiap tahun mereka bekerja di Google selama periode pemberitahuan penuh dengan minimal 60 hari.

Karyawan AS yang di-PHK juga akan menerima perawatan kesehatan berbayar selama 6 bulan. Namun, untuk pekerja di luar AS, kompensasinya akan ditentukan oleh undang-undang ketenagakerjaan setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.