Note

USD/JPY Mendekati 129,00 setelah Risalah Rapat BoJ, Fokus pada PDB AS dan Inflasi Tokyo

· Views 23
  • USD/JPY mengambil tawaran jual sehingga memperbarui terendah dalam perdagangan harian setelah risalah rapat BoJ.
  • Risalah rapat BoJ menunjukkan sinyal beragam karena mayoritas mendukung kebijakan uang longgar, satu anggota mengkritik perubahan YCC.
  • Sentimen yang beragam dan pelemahan Dolar AS yang luas memberikan tekanan turun di tengah awal pekan yang lesu.
  • Sebelum pekan bisu FOMC, hari libur di Tiongkok dapat membatasi pergerakan pasar, namun IMP, inflasi dan PDB AS dapat menghibur para pedagang.

USD/JPY memperbarui level terendah dalam perdagangan harian di sekitar 129,20, membalikkan pemulihan hari sebelumnya, karena risalah rapat kebijakan moneter Bank of Japan (BoJ) gagal untuk mendorong kembali bias hawkish bank sentral Jepang pada hari Senin pagi hari. Yang juga mungkin mendukung penjualan pasangan Yen ini adalah pelemahan Dolar AS secara luas di tengah kekhawatiran akan kenaikan suku bunga yang lebih lemah dan soft landing dari ekonomi terbesar di dunia itu.

Meskipun demikian, Risalah rapat BoJ terbaru menyatakan bahwa salah satu anggota mengatakan tidak tepat untuk mengubah target kebijakan. Pada baris yang sama, pernyataan Risalah rapat tersebut juga menyatakan, "Beberapa anggota mengatakan efek pelonggaran moneter yang kuat akan terus berlanjut meskipun BoJ memperlebar band di sekitar target imbal hasilnya."

Selama akhir pekan, Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida mengatakan, seperti dikutip dari Bloomberg, bahwa ini bukanlah waktunya untuk membahas revisi kesepakatan yang dibuat pemerintah dengan Bank of Japan pada tahun 2013 yang bertujuan untuk membantu mencapai target inflasi 2%.

Di tempat lain, para pejabat The Fed bersikap hawkish menjelang periode pra-FOMC (Komite Pasar Terbuka Federal) yang berlangsung selama dua pekan. Gubernur Federal Reserve Christopher Waller adalah orang terakhir dari para pembicara bank sentral AS yang menyampaikan pernyataannya, "Ia mendukung kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin pada pertemuan mendatang dan melanjutkan pengetatan kebijakan setelah itu."

Perlu dicatat bahwa angka inflasi yang lebih kuat dari Jepang dan perubahan kebijakan Yield Curve Control (YCC) oleh BoJ pada bulan sebelumnya tampaknya telah memicu bias hawkish untuk bank sentral Jepang. Di sisi lain, The Fed berusaha meyakinkan pasar bahwa mereka masih memiliki beberapa amunisi yang tersisa dan dapat menaikkan suku bunga meskipun data terbaru AS telah mendukung pembicaraan pivot kebijakan.

Di tengah-tengah permainan ini, imbal hasil beusaha keras untuk mengatasi puncak beberapa hari sementara saham berjangka AS sedikit dalam tawaran jual pada saat berita ini ditulis.

Selanjutnya, Indeks Harga Konsumen (IHK) Tokyo dan Produk Domestik Bruto (PDB) AS kuartal keempat (Q4) akan sangat penting bagi para pedagang pasangan USD/JPY untuk diamati sebagai petunjuk baru.

Di atas semua itu, perbedaan dalam harapan pasar akan langkah hawkish BoJ dan jeda kenaikan suku bunga The Fed tampaknya membuat USD/JPY tetap optimis.

Analisis Teknikal

Penutupan harian di atas garis resistance turun berusia tiga bulan, di sekitar 129,65 pada saat berita ini ditulis, tampaknya diperlukan bagi para embeli USD/JPY untuk mengambil alih kendali. Meski begitu, level 130,00 dapat bertindak sebagai penghalang lebih lanjut ke arah utara. Sebaliknya, level terendah bulanan di 127,20 tampaknya memikat para penjual akhir-akhir ini.

Level-Level Teknis USD/JPY

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 129.42
Perubahan harian hari ini -0.16
Perubahan harian hari ini % -0.12
Pembukaan harian hari ini 129.58
 
Tren
SMA 20 Harian 131.12
SMA 50 Harian 134.8
SMA 100 Harian 140.09
SMA 200 Harian 136.71
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 130.61
Rendah Harian Sebelumnya 128.35
Tinggi Mingguan Sebelumnya 131.58
Rendah Mingguan Sebelumnya 127.22
Tinggi Bulanan Sebelumnya 138.18
Rendah Bulanan Sebelumnya 130.57
Fibonacci Harian 38,2% 129.75
Fibonacci Harian 61,8% 129.21
Pivot Point Harian S1 128.42
Pivot Point Harian S2 127.25
Pivot Point Harian S3 126.15
Pivot Point Harian R1 130.68
Pivot Point Harian R2 131.78
Pivot Point Harian R3 132.95

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.