Note

AS Dakwa 2 Pengusaha Asing yang Bantu Penghindaran Sanksi terhadap Miliarder Rusia

· Views 26
Pengusaha Rusia Viktor Vekselberg. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mendakwa dua pengusaha asing dengan dugaan memfasilitasi penghindaran sanksi dan skema pencucian uang terkait kapal pesiar miliarder Rusia, Viktor Vekselberg senilai 90 juta dolar AS atau Rp 1,3 miliar. 

Vladislav Osipov (51) warga Rusia, dan Richard Masters (52) warga Inggris, didakwa di pengadilan AS pada Jumat (20/12/2023). Departemen Kehakiman AS dalam sebuah pernyataan mengatakan, keduanya diduga berkonspirasi untuk menipu dan melakukan pelanggaran terhadap AS. 

"AS meminta Spanyol untuk menangkap Masters untuk ekstradisi," kata Departemen Kehakiman. 

Washington memberlakukan sanksi terhadap Vekselberg pada 2018 atas dugaan campur tangan Rusia dalam pemilu AS 2016 dan atas hubungannya dengan Presiden Vladimir Putin setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 2022. Sebaliknya, Kremlin membantah ikut campur dalam pemilihan dan menyebut tindakannya di Ukraina sebagai operasi militer khusus.

Polisi Spanyol tahun lalu menyita superyacht milik Vekselberg atas nama otoritas AS. Dinilai sekitar 90 juta dolar, 'Tango' sepanjang 78 meter itu disita di sebuah galangan kapal di Pulau Mediterania Mallorca.

Surat dakwaan menuduh Masters menjalankan perusahaan manajemen kapal pesiar di Spanyol, yang mengambil alih manajemen Tango setelah Vekselberg diberi sanksi pada April 2018. Dia bersekongkol dengan pihak lain untuk menghindari sanksi AS.

"Osipov, seorang karyawan Vekselberg, merancang struktur kepemilikan yang rumit dari perusahaan cangkang untuk menyembunyikan kepemilikan Vekselberg atas kapal pesiar tersebut," demikian dugaan Departemen Kehakiman.

Menurut Departemen Keuangan AS, Vekselberg memiliki grup perusahaan Renova, yang beroperasi di sektor energi Rusia.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.