Note

WEF Soroti Tantangan Kesehatan Dunia, John Riady: Butuh Peran Artificial Inteligence

· Views 21
Kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI) menjadi keniscayaan untuk meningkatkan peran industri kesehatan nasional. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id – Kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI) berperan penting meningkatkan layanan dan mengatasi tantangan kesehatan dunia di masa depan. Untuk itu, dibutuhkan peran AI bagi industri kesehatan dunia maupun Indonesia. 

Hal itu, disampaikan Presiden Komisaris PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO), John Riady, yang menghadiri pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, Jumat (20/1/2023). 

Salah satu isu yang disorot WEF adalah “The Future of Health: Unlocking the Power of Data the Improve Urban Health". Dalam forum tersebut, para pemimpin dan pebisnis tingkat dunia menyoroti tentang pentingnya pegumpulan dan pengolahan data kesehatan masyarakat. 

Disebutkan,  basis data dan penggunaan teknologi digital semakin penting untuk mengatasi persoalan riil dunia kesehatan. Hal itu, dapat dimaksimalkan dengan penggunaan artificial inteligence. 

“Saat ini banyak upaya pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan atau  Artificial Inteligence untuk memainkan peran lebih penting di industri kesehatan,” kata John, di sela pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, Jumat (20/1/2023).

Dia mengungkapkan, dunia kesehatan di Indonesia harus menghadapi berbagai kekurangan, mulai dari jumlah dokter spesialis, jumlah ketersediaan ranjang, hingga pemerataan kualitas dan kuantitas layanan kesehatan.

Terkait dengan itu, lanjutnya, SILO terus memperkuat jaringan dan jangkauan layanan kesehatan. Saat ini saja, SILO memiliki jaringan 40 rumah sakit di 27 provinsi. “Dan kami terus berupaya memperluasnya,” kata John.

Selain itu, dalam rangka mengatasi berbagai kesenjangan masyarakat mengakses layanan kesehatan, SILO menjadi pionir layanan digital kesehatan atau
telehealth yang langsung digawangi rumah sakit. 

Melalui MySiloam, pengguna SILO diberi akses untuk membuat janji dengan dokternya, baik itu konsultasi offline atau online melalui aplikasi. MySiloam merupakan jembatan antara pasien dengan layanan rumah sakit, sekaligus memenuhi kebutuhan kesehatan jarak jauh yang terhubung dengan 1.000 dokter.

John menyampaikan, Silo berkomitmen akan terus mendorong pemanfaatan teknologi digital hingga AI yang bakal memperkuat sistem dan layanan kesehatan di Tanah Air. Pasalnya, SILO tidak sekadar berorientasi pada healthcare, melainkan secara holistik meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sementara itu, Wakil Presiden PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO), Caroline Riady, yang didapuk sebagai salah satu pembicara di forum itu, menilai penggunaan teknologi informasi, khususnya AI memainkan peran strategis dalam antisipasi ledakan masalah kesehatan masyarakat.

Caroline mengungkapkan pandemi Covid-19 telah memberikan banyak pelajaran dan ujian bagi sistem kesehatan global maupun nasional. Pandemi yang mendera dunia selama tiga tahun terakhir telah menunjukkan pentingnya basis data kesehatan, mulai dari pemetaan penyakit kronis, hingga upaya pelacakan, dan pencegahan penularan.

“Pengumpulan dan pengolahan data kesehatan masyarakat sangat penting bagi penguatan sistem kesehatan. Pada akhirnya teknologi AI pun berguna bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat, hal ini selayaknya selaras dengan visi dunia kesehatan yang seharusnya menawarkan strategi proaktif,” kata Caroline. 

Dia mencontohkan penggunaan AI bagi dunia kesehatan telah dimulai oleh Novartis Pharmaceutical dari Jerman. Menurut Caroline, program Novartis yang menggandeng Microsoft telah menerapkan teknologi AI dalam pencegahan dan pemetaan penyakit jantung di New York, Amerika Serikat.

Menurut dia, AI secara personal bisa memberikan berbagai saran dan pencegahan kepada para pasien yang kerapkali dipengaruhi berbagai faktor nonmedis.

"Melihat tren transformasi teknologi, kemungkinan upaya membangun basis data kesehatan yang solid juga terbuka untuk Indonesia. Semua pihak harus berkolaborasi untuk membangunnya," ujar Caroline. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.