Note

Pedagang Warteg Tolak Pembatasan Gas LPG 3 Kg, Ini Alasannya

· Views 22
Ilustrasi gas 3 kg yang disubsidi pemerintah. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pedagang warung tegal (warteg) menolak pembatasan gas LPG 3 Kg yang akan dilakukan pemerintah. Selain khawatir tak bisa membeli gas sesuai kebutuhan, para pedagang juga khawatir penggunaan KTP sebagai syarat pembelian gas disalahgunakan. 

Ketua Koordinator Warung Tegal (Warteg) Nusantara (Kowantara), Mukroni, mengatakan tak setuju dengan rencana pemerintah yang akan membatasi penjualan gas elpiji atau LPG 3 Kg pada penyalur-penyalur resmi.

Dia mengungkapkan, para pedagang warteg khawatir penjualan LPG 3 Kg dengan menunjukkan KTP akan mengatur batasan pembelian dalam satu hari. Hal ini tentunya bisa membuat para pedagang warteg tidak leluasa menggunakan tabung gas melon untuk melakukan aktivitas memasak.

"Kami terus terang menolak kalau ada pembatasan yang dampaknya mempersulit kami untuk mendapatkan LPG 3 kilo itu," ujar Mukroni, ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (20/1/2023).

Dia mengungkapkan, kekhawatiran lainnya yaitu kebijakan ini nantinya akan membuat pedagang warteg kesusahan saat tiba-tiba kehabisan gas ketika sedang memasak. 

Selain itu, para pedagang warteg juga khawatir syarat penggunaan KTP saat pembelian gas  LPG 3 kg disalahgunakan. Mereka takut NIK yang tercantum dalam KTP bocor.

Namun demikian, dirinya mengakui bahwa mekanisme pembatasan tersebut belum diterima detail oleh para pedagang warteg.

"Mekanismenya kami belum detail untuk mengetahuinya. Sementara kondisi ekonomi kami (pengusaha warteg) juga masih belum pulih sepenuhnya bahkan merosot ya sekarang," ujar Mukroni.

Saat ini, lanjutnya, para pedagang warteg masih banyak mendapatkan kesulitan mulai dari harga-harga komoditas yang naik hingga pemerintah berencana lakukan pembatasan tersebut.

"Pemerintah sebenarnya tidak usah bongkar-bongkar pasang yang bisa menyulitkan mekanisme kami untuk mendapatkan LPG 3 Kg," ungkap Mukroni.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

很棒的文章

-THE END-