Note

Pernyataan Lengkap PM Selandia Baru Mundur, Singgung Putrinya yang Mulai Sekolah

· Views 19
Jacinda Ardern mengundurkan diri sebagai PM Selandia Baru (Foto: Reuters)

WELLINGTON, iNews.id - Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern mengejutkan publik negaranya dengan mengumumkan pengunduran diri dari jabatan, Kamis (19/1/2023). Dia juga tak akan maju lagi dalam pemilihan ketua Partai Buruh.

Dalam konferensi pers pengumumannya yang emosional, Ardern mengatakan 5,5 tahun menjadi kepala pemerintahan Negeri Kiwi merupakan masa yang sulit. Dia menyebut dirinya sebagai manusia biasa dan pada waktunya harus pergi.

"Musim panas ini, saya berharap menemukan cara untuk mempersiapkan, bukan hanya 1 tahun lagi, tapi periode berikutnya, karena itulah yang dibutuhkan tahun ini. Saya tak bisa melakukannya," katanya, dikutip dari Reuters.

"Saya tahu akan ada banyak diskusi setelah keputusan ini, tentang apa yang disebut sebagai alasan 'sesungguhnya' itu. Satu-satunya sudut menarik yang akan Anda temukan adalah, setelah 6 tahun menjalani beberapa tantangan besar, bahwa saya hanya seorang manusia. Politisi juga manusia. Kami memberikan semua yang kami bisa, selama kami bisa, dan inilah saatnya, dan untuk saya, inilah saatnya," katanya, melanjutkan.

Perempuan 42 tahun itu menegaskan alasan utamanya mundur bukan karena tugas-tugas yang diembannya sulit, namun merasa ada orang lain yang bisa mengemban jabatan itu lebih baik.

Lebih lanjut Ardern juga menyinggung soal keluarganya. Dia telah memberi tahu putrinya, Neve, akan mendampinginya saat memulai sekolah tahun ini.

Dia juga memberi tahu pasangannya, Clarke Gayford, sudah saatnya mereka menikah. Ardern dan Gayford hidup bersama sampai melahirkan Neve, namun mereka belum resmi menikah. Pasangan itu seharusnya menikah tahun lalu, namun Ardern membatalkannya karena Selandia Baru menerapkan pembatasan terkait Covid-19 saat itu.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.