Note

Tim Kemnaker Periksa Pemicu Bentrokan Maut Pekerja di PT GNI

· Views 26
Tim Kemnaker Periksa Pemicu Bentrokan Maut Pekerja di PT GNI
Foto: REUTERS/Revi Limbong
Jakarta

Kementerian Ketenagakerjaan telah menurunkan tim investigasi dari unsur pengawas ketenagakerjaan, mediator dan pengantar kerja untuk mengusut kejadian bentrok karyawan perusahaan smelter nikel PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI) di Morowali Utara.

Dirjen Binwasnaker dan K3, Haiyani Rumondang menagatkan, tim Pengawas Ketenagakerjaan dan Mediator Hubungan Industrial telah mulai melakukan pengumpulan data ke lokasi.

"Tim dari Kementerian Ketenagakerjaan melakukan pemeriksaan ke PT GNI untuk memperoleh informasi yang sebenar-benarnya yang menjadi pemicu terjadinya kerusuhan, khususnya yang terkait dengan ketenagakerjaan," katanya, dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (18/01/2023).

Dalam upaya memperoleh informasi, Haiyani menyebut, tim melakukan koordinasi dengan jajaran Disnaker Kabupaten Morowali Utara, Disnaker Kabupaten Morowali, dan Disnaker Provinsi Sulawesi Tengah.

Setelah itu, tim mengadakan rapat dengan jajaran manajemen perusahaan untuk meminta penjelasan tentang permasalahan ketenagakerjaan yang berkembang di media serta menjadi tuntutan Serikat Pekerja.

Selain meminta penjelasan dari manajemen perusahaan, Haiyani mengatakan, tim juga meninjau secara langsung kondisi di lapangan, termasuk tempat terjadinya kerusuhan. Hal ini dilakukan agar tim mendapatkan informasi secara komprehensif.

"Dari pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dari Kementerian Ketenagakerjaan apabila terbukti ditemukan perusahaan tidak menjalankan ketentuan ketenagakerjaan baik norma kerja maupun norma K3, tentu akan dilakukan langkah-langkah hukum untuk penegakannya," ujarnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Halaman 1 2
Selanjutnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.