Note

Pegadaian-Danamon Pelopori Sustainable Social Loan

· Views 31
PT Pegadaian dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mempelopori Pembiayaan Sosial Berkelanjutan (Sustainable Social Loan) sebesar Rp500 miliar. (Foto: dok Pegadaian)

JAKARTA, iNews.id – PT Pegadaian, anak perusahan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melakukan sinergi dan kolaborasi dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon). Keduanya mempelopori Pembiayaan Sosial Berkelanjutan (Sustainable Social Loan) sebesar Rp500 miliar yang akan digelontorkan secara bertahap dengan total Rp1 triliun.

Program pembiayaan ini dirancang untuk memperluas akses pemberian pinjaman pendidikan, pengembangan UMKM, dan pinjaman individu untuk memulai usaha, serta merupakan salah satu program guna mewujudkan implementasi Keuangan Berkelanjutan di PT Pegadaian. Transaksi ini menjadi tonggak penting bagi PT Pegadaian karena merupakan Pinjaman Sosial Berkelanjutan pertama untuk Lembaga Keuangan Non-Bank (LKNB) di Indonesia.

Pinjaman Sosial Berkelanjutan berpedoman pada “Social Financing Framework” PT Pegadaian yang diselaraskan dengan Prinsip Ikatan Social International Capital Market Association (ICMA) dan Prinsip Pinjaman Sosial Loan Market Association (LMA).

Pegadaian telah memperoleh opini pihak kedua dari Environmental Resources Management (ERM) yang menggambarkan Social Financing Framework PT Pegadaian sebagai “Sangat berarti untuk mendorong inklusi keuangan”. Hasil dari Pinjaman Sosial Berkelanjutan akan digunakan untuk penyediaan layanan keuangan penting, guna mempromosikan inklusi keuangan dalam komunitas yang kurang terlayani dan tidak memiliki layanan perbankan.

Pencanangan program Pembiayaan Sosial Berkelanjutan antara PT Pegadaian dan Danamon ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama kedua pihak di Kantor Pusat PT Pegadaian di Jakarta (18/1/2023).

PT Pegadaian diwakili oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Ferdian Timur Satyagraha, bersama Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Elvi Rofiqotul Hidayah. Sementara, Danamon diwakili oleh Direktur Syariah and Sustainable Finance  Herry Hykmanto, serta Direktur Enterprise Banking and Financial Institution Thomas Sudarma.

Dalam kesempatan kali ini, hadir juga MUFG Bank yang diwakili oleh Managing Director of MUFG Bank, Head of Global Corporate and Institutional Banking for Indonesia Pancaran Affendi, untuk turut mendukung program Pembiayaan Sosial Berkelanjutan ini.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.