Note

Analisis GBP/USD: Pembeli Merebut Kendali di Atas 1,2300, Data Makro AS Diawasi untuk Dorongan Baru

· Views 21
  • GBP/USD mendapatkan traksi untuk dua hari berturut-turut dan naik ke level tertinggi lebih dari satu bulan.
  • Prospek untuk lebih banyak kenaikan suku bunga BoE mendukung Sterling dan memperpanjang beberapa support.
  • Kombinasi faktor-faktor membebani USD dan tetap mendukung momentum.

Pasangan GBP/USD naik untuk dua hari berturut-turut pada hari Rabu dan naik ke level tertinggi sejak pertengahan Januari selama awal sesi Eropa. Pound Inggris tetap didukung oleh data pertumbuhan upah yang lebih kuat yang dirilis pada hari Selasa, yang diprakirakan akan menjaga inflasi tetap tinggi. Kantor Statistik Nasional Inggris, sementara itu, melaporkan sebelumnya hari ini bahwa inflasi harga konsumen turun ke level terendah tiga bulan di 10,5% pada bulan Desember. Ini, bagaimanapun, masih berjalan pada level yang terakhir terlihat pada awal 1980-an dan harus mempertahankan tekanan pada Bank of England untuk terus menaikkan suku bunga. Selain itu, munculnya penjualan baru di sekitar Dolar AS memberikan dorongan tambahan untuk mata uang utama.

Rally perdagangan harian USD - yang disebabkan oleh aksi jual yang terinspirasi oleh Bank of Japan di Yen Jepang - memudar dengan cepat di tengah ekspektasi pengetatan kebijakan yang kurang agresif oleh Fed. para investor tampaknya yakin bahwa bank sentral AS akan melunakkan sikap hawkish-nya di tengah tanda-tanda meredanya tekanan inflasi. Selain itu, harga pasar saat ini menunjukkan peluang yang lebih besar untuk kenaikan 25 bp yang lebih kecil di bulan Februari. Hal ini menyebabkan penurunan baru dalam imbal hasil obligasi Treasury AS dan terus membebani dolar. Selain itu, nada yang sedikit positif di sekitar pasar ekuitas juga tampaknya melemahkan Greenback safe-haven dan mendukung prospek perpanjangan langkah apresiasi selama dua minggu untuk pasangan GBP/USD.

Para pedagang sekarang menantikan data ekonomi AS, menyoroti rilis Indeks Harga Produsen (IHP) dan angka Penjualan Ritel bulanan nanti selama awal sesi Amerika Utara. Data tersebut, bersama dengan imbal hasil obligasi AS dan sentimen risiko yang lebih luas, dapat memengaruhi dinamika harga USD dan memberikan dorongan baru untuk pasangan GBP/USD. Namun demikian, latar belakang fundamental mendukung para pembeli dan menunjukkan bahwa jalur termudah untuk harga spot adalah ke sisi atas. Oleh karena itu, setiap reaksi pasar langsung terhadap data makro AS yang optimis kemungkinan besar akan tetap terbatas dan mungkin tidak banyak menghalangi pergerakan positif pasangan ini yang sedang berlangsung.

Prospek Teknis

Dari perspektif teknikal, penembusan semalam melalui zona pasokan 1,2250 dan pergerakan selanjutnya melampaui angka 1,2300 menambah kepercayaan pada prospek positif. Selain itu, osilator pada grafik harian baru saja mulai mendapatkan traksi positif dan mendukung prospek untuk pergerakan apresiasi jangka pendek lebih lanjut. Oleh karena itu, beberapa kekuatan tindak lanjut untuk merebut kembali angka 1,2400, dalam perjalanan ke swing high Desember 2022 di dekat area 1,2445, tampak seperti kemungkinan yang berbeda. Momentum ini dapat diperpanjang lebih lanjut dan memungkinkan pasangan GBP/USD untuk merebut kembali angka psikologis 1,2500 untuk pertama kalinya sejak Juni.

Di sisi lain, setiap penurunan yang berarti di bawah angka 1,2300 sekarang tampaknya menarik pembeli baru dan tetap terbatas di dekat titik tembus resistance 1,2250. Penembusan meyakinkan di bawah yang terakhir mungkin mendorong beberapa penjualan teknis dan menyeret pasangan GBP/USD lebih jauh menuju angka 1,2200. Ini diikuti oleh support di dekat area 1,2170-1,2165, di bawahnya penurunan dapat diperpanjang menuju angka 1,2100.

Analisis GBP/USD: Pembeli Merebut Kendali di Atas 1,2300, Data Makro AS Diawasi untuk Dorongan Baru

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.