Note

Pratinjau IHK Inggris: Prakiraan dari Lima Bank Besar, Inflasi Menjauh dari Level Tertinggi 41 Tahun

· Views 32

Inggris akan merilis data Indeks Harga Konsumen (IHK) pada hari Rabu, 18 Januari pukul 07:00 GMT (14:00 WIB) dan saat kita semakin dekat dengan waktu rilis, berikut adalah prakiraan para ekonom dan peneliti dari lima bank besar mengenai inflasi Inggris yang akan datang.

Angka utama diprakirakan sebesar 10,6% tahun-ke-tahun vs 10,7% di bulan November sementara Inflasi Inti kemungkinan akan meningkat menjadi 6,6% vs 6,3% yang dibukukan pada bulan November. Jika demikian, angka utama akan melambat untuk bulan kedua berturut-turut dari puncak 11,1% pada bulan Oktober tetapi akan tetap jauh di atas target 2%.

Nomura

"Kami memprakirakan inflasi IHK umum akan turun dari 10,7% YoY menjadi 10,4% di bulan Desember dan inflasi inti akan turun lebih bertahap dari 6,3% menjadi 6,2%."

TDS

"Kami melihat penurunan besar lainnya dalam IHK utama Inggris, sebagian besar disebabkan oleh penurunan harga bensin hampir 5% MoM tetapi juga karena pengecer mendorong melalui diskon yang signifikan di bulan tersebut untuk membersihkan diri dari tingkat persediaan yang tinggi. Sementara perkiraan kami (10,5%) sedikit di bawah BoE sebesar 10,9% YoY, sebagian besar kesenjangan ini disebabkan oleh harga bensin yang lebih rendah daripada dinamika mendasar yang lebih lemah."

SocGen

"IHK bulan Desember kemungkinan akan menambah bobot pada keyakinan kami bahwa 11,1% yang tercatat pada bulan Oktober adalah puncak inflasi, terutama mengingat tren harga energi baru-baru ini. Seharusnya hanya ada sedikit kenaikan sebesar 0,1pp menjadi 10,8%, didorong oleh inflasi inti dan makanan yang lebih tinggi. Yang lebih penting bagi BoE adalah perkembangan inflasi inti. Oleh karena itu, ekspektasi kami bahwa harga inti meningkat dari 6,3% menjadi 6,5% pada bulan Desember akan mengkhawatirkan Bank, terutama karena kami pikir itu akan didorong oleh inflasi jasa yang lebih bergantung pada upah. Di sisi lain, kami melihat inflasi barang melunak dari 6,3% menjadi 5,9% karena kombinasi efek dasar negatif dan pengecer menggunakan diskon untuk melepaskan kelebihan stok. Untuk tahun mendatang, pertumbuhan upah yang kuat seharusnya membuat inflasi inti hanya turun secara bertahap dari nilai perkiraan kami sebesar 6,5% pada bulan Desember menjadi 6% pada akhir tahun."

Citibank

"Kami memprakirakan inflasi IHK utama akan moderat lebih lanjut pekan ini menjadi 10,5% YoY. IHK inti mungkin terbukti agak lebih tangguh di 6,2%. Di sisi barang inti, kami melihat risiko ke sisi negatifnya dengan tingkat persediaan yang tinggi, khususnya, kemungkinan telah menghindari tekanan harga lebih lanjut yang signifikan. Layanan lebih sulit untuk ditelepon, dengan pemogokan kereta api pada tanggal pengamatan yang dimaksud dan gangguan yang meluas sepanjang bulan."

ING

"Angka utama IHK telah memuncak tetapi kemungkinan akan tetap dalam dua digit hingga awal 2023. Tetapi ukuran inflasi 'layanan inti' yang disukai Bank, mungkin ukuran paling bersih dari tekanan harga yang didorong oleh domestik, telah naik tipis dalam beberapa bulan terakhir dan ini akan menjadi kunci. Tanda-tanda bahwa ini mencapai puncaknya akan meningkatkan kasus untuk kenaikan suku bunga yang lebih sederhana di bulan Februari."

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.