Note

Bos-bos Sektor Keuangan Dipanggil Presiden Jokowi, Ini 5 Hal yang Dibahas

· Views 20

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil pejabat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta perwakilan industri perbankan, pasar modal, dan industri keuangan non-bank (IKNB) ke Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (16/1/2023).

Ketua DK OJK Mahendra Siregar mengatakan, dalam pertemuan tersebut pihaknya menyampaikan persiapan pertemuan tahunan industri jasa keuangan yang akan dilaksanakan pada awal Februari 2023.

Di samping itu, pertemuan juga berisi dialog terkait perkembangan terakhir dari sektor jasa keuangan maupun kinerja dari industri yang berada di dalamnya.

"Pada kesempatan itu pula kami dan para pimpinan asosiasi industri jasa keuangan menyampaikan bagaimana rencana, prospek, dan tantangan ke depan yang perlu diantisipasi dimitigasi dan ditangani dengan sebaik-baiknya," ujarnya saat konferensi pers virtual, Senin.

Baca juga: Panggil Bos OJK dan Industri Jasa Keuangan, Jokowi Minta Jaga Momentum Pertumbuhan Ekonomi

Hal ini dilakukan agar sektor jasa keuangan dapat memitigasi dampak dari kondisi perekonomian global yang penuh tantangan dan persiapan untuk menyambut tahun politik sehingga sektor jasa keuangan dapat tetap mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam pertemuan ini, Presiden Jokowi menyampaikan beberapa arahan untuk masing-masing industri jasa keuangan. Namun secara garis besar, Presiden ingin seluruh pelaku industri jasa keuangan menjaga pertumbuhan ekonomi di 2022 agar terus berlanjut di tahun ini.

Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan juga sinergi dan koordinasi antara pemerintah, regulator, kementerian dan lembaga, bank sentral, dan seluruh pemangku kepentingan di sektor jasa keuangan.

"Bapak Presiden akan menyampaikan secara langsung pesan-pesan itu nanti dalam kesempatan pertemuan tahunan industri jasa keuangan," ucapnya.

Berikut poin-poin arahan Presiden Jokowi untuk masing-masing industri di sektor jasa keuangan pada pertemuan itu:

1. Jokowi Minta Perbankan Dukung Hilirisasi SDA

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.