Note

Dekat Rekor Termahal, Emas Antam Bakal Tembus Rp 2 Juta/Gram?

· Views 31

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. atau yang dikenal dengan emas Antam sedang dalam tren kenaikan sejak November lalu. Pergerakan tersebut mengikuti harga emas dunia yang juga terus menanjak.

Sepanjang pekan lalu kenaikan emas Antam tercatat lebih dari 1%, dan jika dilihat sejak awal November 2022 sudah melesat lebih dari 11%. Harga emas Antam ukuran 1 gram kini semakin mendekati rekor tertinggi sepanjang masa Rp 1.065.000/batang yang dicapai pada 7 Agustus 2020 lalu.

Harga emas dunia sendiri diperkirakan akan meroket tahun ini, sehingga emas batangan di dalam negeri pun bisa mengekor.

Chief investment officer Swiss Asia Capital, Juerg Kiener, memberikan proyeksi ekstremnya. Menurutnya, harga emas akan terbang hingga US$ 4.000 per troy ons pada 2023.

Baca:
Bunda Pasti Happy! Harga Emas Pegadaian Bisa Makin Mahal

Proyeksi tersebut didasari adanya resesi serta pelonggaran kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed).

"Emas tidak hanya akan naik 10-20% tetapi akan sangat tinggi. Harga emas bisa menembus US$ 2.500-4.000 per troy ons pada tahun depan (2023)," tutur Kiener, dikutip dari CNBC International.

Proyeksi ekstrem juga dikeluarkan Saxo Bank. Bank asal Denmark tersebut memproyeksi harga logam mulia akan terbang ke US$ 3.000 per troy ons.

Untuk diketahui satu troy ons setara dengan 31,1 gram. Jika harga emas dunia mencapai besaran US$ 4.000/troy ons, untuk mencari harga per gramnya maka dibagi 31,1. Hasilnya yakni US$ 128,6 per gram.

Dengan asumsi kurs tengah Bank Indonesia pada Jumat (13/1/2023) Rp 15.177/US$, maka harga emas dunia jika dikonversi ke rupiah bisa mencapai Rp 1.951.762/gram.

Artinya, jika harga emas dunia menembus US$ 4.000/troy ons, maka harga emas batangan di dalam negeri bisa mencapai Rp 2 juta/gram. Tetapi ini juga tergantung dengan kurs rupiah nantinya, serta supply-demand di dalam negeri yang bisa membuat harganya lebih tinggi atau lebih rendah.

Sementara pada perdagangan Senin (16/1/2023), harga emas Antam turun Rp 1.000/gram, ukuran 1 gram dijual Rp 1.042.000/batang.

TIM RISET CNBC INDONESIA 

Sanggahan: Berita ini tidak bertujuan mengajak pembaca untuk membeli atau menjual aset terkait. Keputusan investasi sepenuhnya ada pada diri anda, dan CNBC Indonesia tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Emas Antam Makin Tenggelam di Level Terendah 1 Bulan


(pap/pap)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.