Note

5 akibat Tidak Memiliki Dasar Negara, Bisa Memicu Kehancuran

· Views 26
Akibat yang dapat terjadi jika sebuah negara tidak memiliki dasar (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Negara yang tidak memiliki dasar negara bisa memicu kehancuran pada negara tersebut. Pasalnya, dasar negara bersifat sangat penting demi keberlangsungan bangsanya. 

Apabila suatu negara tidak memiliki dasar negara yang kuat, sama saja negara itu tak mempunyai ideologi.

Pentingnya ideologi yang berguna menentukan arah, visi dan misi, cita-cita sebuah negara.

Berikut akibat yang dapat terjadi jika sebuah negara tidak memiliki dasar :

1. Tidak Ada tanggung Jawab Antara Rakyat dan Pemerintah

Akibat tidak memiliki dasar negara yang terakhir, yaitu tidak adanya tanggung jawab pemerintah dengan rakyatnya. 

Adanya dasar negara berguna untuk mengatur hak dan kewajiban serta tanggung jawab bagi pemerintah maupun rakyatnya sendiri.

2. Menuju Jurang Kehancuran

Akibat tidak memiliki dasar negara yang paling buruk adalah negara menuju jurang kehancuran. Maksudnya adalah kehancuran dapat disebabkan beberapa faktor, baik internal maupun eksternal.

Faktor internal seperti gejolak sosial dapat menjadi aksi makar dan kudeta kepemimpinan. Jika tak mempunyai sebuah dasar negara yang dapat dijadikan pedoman, maka negara itu akan mudah sekali hancur dari faktor internal.

3. Rakyat Hancur

Tidak adanya dasar negara akan menghancurkan negara beserta rakyatnya. Bahkan rakyatnya akan mengalami kehancuran yang lebih. 

Karena dalam kehidupan berbangsa dan bernegara perlu adanya pedoman hidup. Sebagai warga negara kita membutuhkan nilai-nilai kehidupan yang tepat.

Bayangkan, jika ada warga negara yang negaranya saja tidak memiliki ideologi, tidak memiliki dasar negara dan dasar hukum, maka ia akan bertindak sewenang-wenang.

4. Tidak Ada Pedoman Bernegara

Seperti yang disinggung di atas, sebuah negara harus merupakan ideologi. 

Itu karena ideologi sebuah negara mengandung, impian, visi dan misi dan cita-cita bangsa. Jika tidak memiliki ideologi maka akan hancur, layaknya bangunan yang tidak ada pondasi.

Apabila pemerintahan berjalan sekalipun, suatu saat negara itu bakal berhenti dan terus berlarut-larut hingga tahun-tahun ke depan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.