Note

Pemerintah Bakal Batasi Pembangunan Smelter, untuk Apa?

· Views 21
Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengatakan, pemerintah akan membatasi pembangunan smelter.. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, pemerintah akan membatasi pembangunan fasilitas pemurnian (smelter) yang tidak berorientasi pada produk energi hijau. Ini dilakukan demi mendorong ekosistem baterai mobil listrik.

“Ke depan kita akan melakukan pembatasan terhadap pembangunan smelter yang tidak berorientasi pada green energy," kata Bahlil dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (13/1/2023).

Dia menuturkan, itu sebagai bentuk dari kepedulian pemerintah dalam rangka melakukan penataan terhadap pembangunan produk yang berorientasi pada green energy dan green industry. Bahlil pun mengungkapkan, saat ini banyak smelter yang memproduksi Nikel Pig Iron (NPI), yang sudah masuk dalam kategori pioneer.

Sementara, cadangan bijih nikel sebagai bahan baku sangat terbatas. Karena itu, pemerintah akan melakukan penataan agar smelter yang dibangun bisa seimbang dengan cadangan bahan baku yang ada.

"Sekarang kita lebih dorong pada sektor hilirisasi yang nilai tambahnya bisa sampai dengan 80 persen sampai 100 persen, itu yang akan kita lakukan," ujarnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.