Note

Pengusaha di Jerman Pusing Gegara Pasokan Tenaga Kerja Seret

· Views 18
Pengusaha di Jerman Pusing Gegara Pasokan Tenaga Kerja Seret
Ilustrasi/Foto: AP/Matthias Schrader
Jakarta

Sektor industri di Jerman mengalami kekurangan tenaga kerja terlatih. Kamar Dagang dan Industri Jerman (Deutscher Industrie-und Handelskammertag e.V./DIHK). mengatakan lebih dari setengah perusahaan di Jerman sedang pusing mencari tenaga kerja terlatih (skilled Labor).

Banyak sekali lowongan kerja yang tidak terisi sehingga kekurangan tenaga kerja terlatih. DIHK menemukan dalam survei terhadap 22.000 perusahaan, 53% melaporkan kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja terlatih.

Hal ini disebut menjadi salah satu tanda terbaru hambatan pertumbuhan ekonomi di negara dengan kapasitas ekonomi terbesar di Eropa tersebut.

"Kami dapat berasumsi bahwa sekitar 2 juta lowongan akan tetap tidak terisi. Hal ini membuat perusahaan kehilangan produksi senilai hampir 100 miliar Euro," ujar Achim Dercks, Wakil Kepala Eksekutif DIHK dilansir dari Reuters, Kamis (12/1/2023).

Kekurangan staf, harga energi yang tinggi, dan komitmen emisi rendah adalah campuran berbahaya yang dapat menyebabkan perusahaan memindahkan produksi ke luar negeri.

"Kekurangan pekerja terampil tidak hanya menjadi beban bagi bisnis, tetapi juga membahayakan keberhasilan dalam tugas-tugas penting di masa depan seperti transisi energi, digitalisasi, dan pembangunan infrastruktur," kata Achim Dercks.

Pekerja dengan keterampilan yang dibutuhkan industri semakin langka, termasuk di sektor manufaktur yang merupakan mesin pembangkit tenaga ekspor Jerman.

Survei DIHK menemukan lowongan kerja di 67% produsen peralatan listrik Jerman tidak terisi. Hal yang sama juga terjadi pada 67% perusahaan teknik mesin, dan juga 65% pabrik pembuat mobil.

(hal/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.