Note

Makin Diminati, Fasilitas Pembayaran Paylater di Xendit Meningkat 10 Kali Lipat di 2022

· Views 15

JAKARTA, KOMPAS.com - Xendit Grup melaporkan penggunaan fasilitas pembayaran paylater semakin diminati konsumen. Hal ini terbukti dari volume pembayaran paylater yang meningkat hingga 10 kali lipat di 2022.

Director Xendit Group Mikiko Steven mengatakan, pertumbuhan penggunaan paylater diikuti oleh penggunaan kartu kredit yang naik enam kali lipat dan uang elektronik yang naik lima kali lipat.

"Ini adalah bukti nyata bahwa penetrasi industri keuangan yang terus didorong oleh pemain industri dan pemerintah itu memang solid," ujarnya saat konferensi pers di Gedung victoria, Jakarta, Kamis (12/1/2023).

Namun pertumbuhan penggunaan paylater itu tidak serta-merta menjadikan paylater metode pembayaran paling populer di antara konsumen Xendit Grup. Tercatat, metode pembayaran yang paling populer di Xendit ialah virtual account.

Baca juga: Tumbuh 30 Persen, Nilai Transaksi Xendit Grup Tembus Rp 306 Triliun pada 2022

Mikiko mengungkapkan, dari 200 juta transaksi yang diporses oleh Xendit Group di 2022, sebanyak 36 persennya adalah dengan transfer virtual account.

Selain virtual account, penggunaan e-Wallet dan kartu kredit menempati peringkat kedua dan ketiga sebagai metode pembayaran terpopuler di antara merchant Xendit Group.

"Tren pembayaran digital di kalangan merchant Xendit seperti kita tahu di Indonesia itu kan mungkin yang paling lazim adalah virtual account, itu tetap yang paling tinggi. Uang elektronik menjadi lebih populer, kartu kredit juga," ungkapnya.

Sementara itu, penggunaan layanan QRIS juga mengalami peningkatan di 2022 yaitu sebanyak 20 juta transaksi dengan volume sebesar 150 juta dollar AS setara Rp 2,28 triliun atau meningkat 17,25 persen secara tahunan.

Baca juga: Fintech Xendit Lakukan PHK ke 5 Persen Karyawan di Indonesia dan Filipina


Sebagai informasi, saat ini jumlah merchants aktif yang dilayani Xendit Group mencapai 3.500 pelaku usaha, yang terdiri dari 70 persen merchant UKM dan 30 persen perusahaan.

Pada 2022, Xendit Group mencatatkan telah memproses lebih dari 200 juta transaksi pembayaran digital di Indonesia.

Adapun nilai total volume transaksi mencapai lebih dari 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 306 triliun. Realisasi di tahun 2022 ini tumbuh 30 persen secara tahunan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.