Note

Kedelai Impor 15.000 Ton Masuk Indonesia 3 Hari Lagi

· Views 21
Kedelai Impor 15.000 Ton Masuk Indonesia 3 Hari Lagi. (Foto: ilustrasi/AFP)

BANTEN, iNews.id - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) mengatakan, kedelai impor sebanyak 15.000 ton yang dijanjikan pemerintah akan masuk ke Indonesia pada akhir pekan ini. Kedelai impor akan tiba di Pelabuhan Merak, Banten tiga hari lagi atau pada Minggu (15/1/2023).

"Barusan saya dapat WhatsApp, kedelai impor datang hari Minggu 15.000 ton di Pelabuhan Merak," kata dia di Tangerang, Kamis (12/1/2023).

Dia menuturkan, jika kedelai tiba di Pelabuhan Merak, maka akan dijual ke perajin tahu tempe seharga Rp10.500 per kilogram (kg). 

"Kan jauh (dari harga saat ini). Itu akan menolong petani," ujarnya. 

Mendag mengungkapkan, kedelai impor tersebut dibeli dari swasta. Karena itu, hingga saat ini Perum Bulog belum bisa mengimpor kedelai secara langsung, sehingga stok di dalam negeri terus menipis hingga terjadi kenaikan harga sejak akhir tahun lalu. 

"Padahal kalau Bulog impor, sampai sini harganya paling mahal Rp10.500. Cuma lama sekali ini sudah tiga bulan," ucap Mendag.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapabas) Arief Prasetyo Adi sebelumnya mengatakan, sebanyak 50.000  ton kedelai impor asal Amerika Serikat (AS) akan sampai ke Indonesia pada pekan ini. Kedelai itu nantinya bakal disalurkan ke perajin tahu tempe.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.