Note

Dilema Pengusaha Tekstil: Sulit Ekspor, Bersaing dengan Produk Impor di Dalam Negeri

· Views 20
Industri tekstil dan produk tekstil tengah kebingungan mencari pasar. Permintaan dari negara tujuan ekspor melemah, bersaing dengan produk impor di dalam negeri. (Foto: Ilustrasi/SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Asosiasi Produsen Serta dan Benang Filament Indonesia (APSYFI), Redma Gita Wirawasta meyebut, saat ini industri tekstil dan produk tekstil tengah kebingungan mencari pasar. Pasalnya, permintaan dari beberapa negara tujuan ekspor melemah, dan berjualan di pasar domestik harus bersaing dengan produk impor. 

Dia mengatakan, pemerintah perlu segera membatasi barang impor yang masuk. Sebab, pasar domestik menjadi salah satu tumpuan untuk industri dalam negeri bertahan di kala suramnya ekonomi yang sudah banyak diramalkan.

"Pasar domestik ini kan jadi faktor utama, karena konsumsi masih cukup ada walaupun terdapat pelemahan sedikit," ujar Wirawasta dalam acara Market Review IDXChannel, Kamis (12/1/2/23).

Wirawasta menambahkan, saat ini beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor mengalami pelemahan ekonomi yang mengakibatkan permintaan menurun. Negara-negara di Asia Tenggara yang mempunyai populasi cukup besar, akhirnya menjadi pasar yang cukup seksi untuk berjualan.

"Kita sangat berharap pemerintah perlu intervensi agar pasar kita tidak dipenuhi oleh produk impor," tuturnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.