Note

5 Tips Bisnis Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil pada 2023, UMKM Wajib Simak!

· Views 18

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi kamu yang bercita-cita ingin memiliki bisnis, memulai dari bisnis kecil-kecilan di rumah bisa menjadi opsi yang bisa kamu coba.

Sebab usaha rumahan biasanya selain tidak perlu memiliki modal yang banyak, kamu juga tidak perlu pergi ke mana-mana lantaran bisnis yang dikelola hanya di rumah.

Baca juga: [KURASI KOMPASIANA] Orang Kantoran Memulai Bisnis Rumahan: Harus Punya Niat dan Jangan Buru-buru Resign

5 tips memulai usaha rumahan

Marketing Senior Lead Tokopedia, Maisyalina Agustiana, membeberkan 5 tips yang bisa kamu coba untuk memulai usaha rumahan modal kecil pada 2023.

Maisyalina menyebutkan, tips pertama adalah pastikan ada peminat dan cari tahu produk terlaris di Tokopedia.

Untuk hal itu, kamu bisa menggunakan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris di Tokopedia dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori.

“Pelajari juga tren produk terlaris. Di Tokopedia sendiri, Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik, dan Fesyen menjadi kategori terlaris di 2022,” ujar Maisyalina dalam siaran persnya, Rabu (11/1/2023).

Baca juga: Kisah Neneng, Pilih Resign lalu Buka Toko Kelontong, Ternyata Tak Semudah yang Dibayangkan...

Tips kedua, pelajari profil calon pembeli. Setelah menentukan produk yang akan dijual dan memahami mengenai kondisi pasar, tentukan siapa saja konsumen sasaran dari produk tersebut.

Dengan menentukan target pasar, calon pelaku usaha dapat lebih mudah menentukan strategi pemasaran.

“Fitur Wawasan Pembeli di aplikasi Tokopedia Seller membantu penjual untuk mengetahui profil pembeli, seperti umur, jenis kelamin, dan lokasi sehingga memudahkan pelaku usaha dalam menentukan strategi berjualan,” ungkap Maisyalina.

Baca juga: Cerita Sukses VONA, Resign dan Bangun Bisnis Kerajinan Kulit

 


Tips ketiga adalah buat konten menarik di media sosial sebagai ajang promosi.

Menurut Maisyalina, sinergi pemanfaatan media sosial yang tepat dapat membantu meningkatkan awareness toko dan produk di e-commerce. Misalnya, buat konten media sosial yang unik dan bisa menjadi ciri khas penjual. Perhatikan juga tren yang sedang banyak digandrungi masyarakat di media sosial.

“Buatlah live video streaming juga lewat Tokopedia PLAY untuk membangun interaksi dengan calon pembeli. Pertimbangkan live streaming saat peluncuran produk baru, pemberian tutorial penggunaan produk, hingga mengadakan kuis atau giveaway,” tambah Maisyalina.

Baca juga: Ingin Usaha Modal Kecil Untung Besar? Buka Bisnis Rumahan Depot Air Minum

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.