Note

Tips agar Mobile Banking Tetap Aman Saat HP Hilang

· Views 29

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehilangan handphone (HP) adalah hal yang umum terjadi di masyarakat. Namun, kekhawatiran muncul lantaran ada berbagai data yang tersimpan di dalamnya, termasuk mobile banking.

Saat kehilangan handphone, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan nasabah untuk mengamankan mobile banking agar rekening tetap aman dan tidak dibobol oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengatakan, nasabah bisa menggunakan fitur login dengan menggunakan finger print. Hal itu karenaberbagai aplikasi perbankan saat ini telah dilengkapi oleh berbagai fitur keamanan agar tidak disalahgunakan oleh orang atau pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Baca juga: Fitur Cardless Mobile Banking BCA, Bisa Setor dan Tarik Tunai di ATM Tanpa Kartu Debit

“Financial Super Apps BRImo telah dilengkapi oleh fitur keamanan yang kuat untuk menghindari terjadinya pembobolan rekening. Salah satunya adalah adanya pola login dengan menggunakan finger print guna memperkuat keamanan akses BRImo,” kata Andrijanto dalam siaran pers, Senin (9/1/2023).

Selain itu, nasabah perlu untuk segera melapor melalui call center bank jika kehilangan HP. Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan mobile banking oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

“BRI melengkapi layanan dengan call center yang bisa diakses dan dihubungi oleh nasabah kapan saja secara realtime untuk memitigasi berbagai aduan, termasuk mitigasi apabila handphone nasabah hilang. Kami berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang cepat sehingga risiko-risiko seperti saldo dibobol dapat diminimalisir,” ujar dia.

Baca juga: Cara Transfer Virtual Account Mandiri via ATM dan Mobile Banking


Andrijanto menambahkan, layanan call center tersebut juga akan membantu nasabah untuk menonaktifkan layanan perbankan yang terhubung atau terunduh di handphone yang hilang.

Lebih lanjut, Andrijanto juga menyarankan nasabah untuk tidak mencatat username dan password mobile banking di handphone.

Saat ini, BRI memiliki asisten virtual berteknologi Artificial Intelligence (AI) yakni Smart BRI New Assistant (Sabrina).

Asisten virtual tersebut layaknya customer service dan nasabah bisa menyapa serta mengajak Sabrina berbicara melalui Facebook Messenger dan Whatsapp. Sabrina bisa diakses melalui akun Bank BRI yang dimiliki nasabah.

Andrijanto juga menyampaikan jika nasabah berganti handphone, sebaiknya menghapus aplikasi mobile banking pada perangkat lama. Termasuk, menghapus riwayat SMS dan email yang mencantumkan kode OTP maupun validasi transaksi lainnya.

Baca juga: Waspadai Pemalsuan Bukti Transfer Mobile Banking, Simak 3 Cara Menghindarinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.