Note

Jokowi Pamer Sukses Ambil Alih Freeport, Blok Rokan dan Mahakam dari Asing

· Views 30
Presiden Jokowi pamer sukses ambil alih Freeport, Blok Rokan dan Mahakam dari asing. (Foto: Tangkapan layar YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan keberhasilan mengambil alih proyek Freeport, Blok Rokan hingga Mahakam dari perusahaan asing. Hal itu disampaikan saat HUT PDIP ke-50 di JIExpo Kemayoran. 

Jokowi mengatakan. kepemilikan saham mayoritas Freeport menjadi salah satu capaian yang besar. Pasalnya, selama 50 tahun lebih dikuasai oleh perusahaan Amerika Serikat, Freeport McMoran. Karena dimiliki asing, maka keuntungan bagi Indonesia hanya sedikit, padahal sumber daya alamnya milik Indonesia.

"Beberapa aset-aset besar yang kita miliki seperti Freeport yang sudah 50 tahun dimiliki Freeport-McMoran dari Amerika telah 3 tahun ini mayoritas kita telah miliki, yaitu 51,2 persen," kata Jokowi, Selasa (10/1/2023).

Keberhasilan itu meningkatkan pendapatan negara. Di samping itu, juga berdampak pada serapan tenaga kerja Indonesia, terutama masyarakat sekitar.

"Apa yang kita inginkan dari pengambilalihan ini adalah industrialisasi. Jangan sampai tambangnya ada di negara kita, Papua, smelternya, industrinya di Jepang, di Spanyol, kita enggak dapat apa-apa, pajak hanya dapat sedikit, royalti sedikit, deviden sedikit, lapangan kerja juga tidak dapat," tuturnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.