Note

105 Negara di Dunia Sedang Menjajaki CBDC, Simak di sini!

· Views 29

105 Negara di Dunia Sedang Menjajaki CBDC, Simak di sini!

CBDC atau Central Bank Digital Currency adalah mata uang digital yang diluncurkan oleh bank sentral negara-negara dunia. Mata uang ini akan menjadi tambahan dari jenis-jenis uang yang telah ada saat ini seperti uang kertas, uang logam dan uang elektronik.

Pusat Geoekonomi Dewan Atlantik baru-baru telah merilis pembaruan besar sebagai Pelacak Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC). Menurut pelacakan tersebut, 105 negara yang mewakili lebih dari 95 persen dari PDB global, sedang menjajaki CBDC.

Dilansir dari Bitcoin.com, Selasa (10/1/20223), sebuah angka tertinggi baru dari 50 negara berada dalam fase eksplorasi lanjutan (pengembangan, percontohan, atau peluncuran). Pelacak merinci 10 negara telah sepenuhnya meluncurkan mata uang digital, dengan percontohan China akan diperluas pada 2023.

Di antara negara-negara G20, 19 sedang menjajaki CBDC, dengan 16 sudah dalam tahap pengembangan atau percontohan. Mereka termasuk Korea Selatan, Jepang, India, Indonesia, dan Rusia.

Bulan lalu, Bank of International Settlements (BIS) merilis laporan yang menyatakan 9 dari 10 bank sentral secara global sedang menjajaki CBDC. BIS mengatakan munculnya stablecoin dan cryptocurrency lainnya telah mempercepat pekerjaan pada CBDC.

Beberapa negara lebih maju dari yang lain, seperti Cina. Bank sentral China, People’s Bank of China (PBOC), telah secara aktif menguji dan memberikan yuan digitalnya.

India juga secara aktif mengerjakan rupee digitalnya. Bank sentral India, Reserve Bank of India (RBI), mengatakan akan mengambil “pendekatan bertahap” untuk meluncurkan CBDC.

Bank sentral diharapkan untuk memperkenalkan mata uang digital tahun keuangan ini. Minggu ini, seorang pejabat RBI menyatakan CBDC dapat membunuh cryptocurrency seperti bitcoin dan eter.

 

 

 

Sumber

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.