Note

Jack Ma akan Melepaskan Kendali di Ant Group

· Views 23
Jack Ma. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Miliarder Jack Ma akan melepaskan kendali di perusahaan financial technology (fintech) Ant Group. Hal itu terkait dengan perubahan regulasi.

Manajemen Ant Group menyatakan setelah perubahan regulasi, tidak ada lagi yang memiliki kendali secara keseluruhan di persusahaan itu.

Ant Group menjalankan Alipay, sistem pembayaran online utama di China, yang telah mengalahkan uang tunai, cek, dan kartu kredit.

Jack Ma, mantan guru bahasa Inggris yang mendirikan raksasa e-commerce Alibaba, secara langsung dan tidak langsung mengendalikan lebih dari 50 persen Ant Group.

Namun, setelah perubahan struktur tata kelola, dia akan mengendalikan lebih dari 6 persen, menurut pernyataan Ant Group.

Pada November 2020, flotasi pasar saham Ant Group sebesar 31,441 miliar dolar AS, yang akan menjadi yang terbesar di dunia, dibatalkan pada menit terakhir.

Pihak berwenang China kemudian menyelidi "masalah utama" dalam mengatur perusahaan tersebut. Beberapa analis melihatnya sebagai upaya pemerintah China untuk merendahkan perusahaan yang telah menjadi terlalu kuat dan pemimpin yang terlalu blak-blakan.

Intervensi peraturan datang setelah Jack Ma mengatakan pada konferensi keuangan bahwa bank tradisional memiliki "mentalitas pegadaian".

Dia juga memuji manfaat sistem perbankan digital, dan menekankan bahwa keputusan pinjaman di masa depan harus didasarkan pada data, bukan agunan.

Setelah runtuhnya flotasi pasar saham Ant Group, Jack Ma menarik diri dari publik. Dia akhirnya muncul kembali, menurut laporan, tetapi telah menghindari sorotan sejak saat itu.

Jack Ma mengendalikan Ant Group melalui sahamnya dan dengan bertindak bersama pemegang saham lainnya. Namun Ant mengatakan pemegang saham telah setuju untuk tidak lagi bertindak bersama saat menggunakan hak suara, dan hanya akan memilih secara independen.

Struktur kepemilikan saham juga akan berubah. Namun, Ant mengatakan kepentingan ekonomi pemegang saham tidak akan berubah.

"Kepergian Jack Ma dari Ant Financial, perusahaan yang ia dirikan, menunjukkan tekad kepemimpinan China untuk mengurangi pengaruh investor swasta besar. Tren ini akan melanjutkan pengikisan bagian ekonomi China yang paling produktif," kata Andrew Collier, direktur pelaksana Orient Capital Research.

Ant Group mendekati penyelesaian restrukturisasi dua tahun yang telah didorong oleh regulator, dan otoritas China siap untuk mengenakan denda lebih dari 1 miliar dolar AS pada perusahaan tersebut, menurut kantor berita Reuters.

Hukuman yang diharapkan adalah bagian dari tindakan keras terhadap raksasa teknologi China selama dua tahun terakhir yang telah memotong ratusan miliar dolar dari nilai mereka dan menyusutkan pendapatan dan keuntungan.

Namun, otoritas telah melunakkan aturan mereka baru-baru ini di tengah upaya untuk meningkatkan ekonomi Tiongkok yang terpukul oleh pandemi Covid-19.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.