Note

Jokowi Berharap Efek Dicabutnya Status PPKM Terasa Nanti di Februari

· Views 22

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap, aktivitas perdagangan bisa kembali semarak setelah pemerintah mencabut kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat atau PPKM pada 30 Desember 2022.

Hal itu Presiden kemukakan usai meninjau aktivitas perdagangan dan mengecek harga komoditas di Pasar Sentul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Minggu (8/1/2023).

"Kita harapkan itu, kan baru aja kan (pencabutan kebijakan PPKM), baru seminggu dua minggu, saya kira efeknya akan kelihatan nanti di bulan Februari," kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Baca juga: Curah Hujan Tinggi, Harga Beras Berpotensi Naik

Temukan harga beras naik

Kemudian, harga kebutuhan pokok di Pasar Sentul masih cenderung stabil. Namun dia menyebut, bahan pokok (bapok) berupa beras justru harganya melonjak tinggi.

"Hanya satu mungkin beras yang mungkin memang naik, tetapi saya (akan) melihat nanti di bulan Februari karena kita mulai panen (beras),” ujar Jokowi.

Meski harga beras masih naik, mantan Wali Kota Solo ini berharap stabilitas harga bapok dapat dikendalikan di pasar-pasar lain di Tanah Air. "Kita harapkan stabilitas seperti ini tidak hanya terjadi di Yogya saja tetapi juga di pasar-pasar di provinsi yang lain," lanjut Jokowi.

Baca juga: Harga Cabai Melonjak, Mendag: Cabai Sudah Murah, Dulu Sempat Rp 120.000


Jokowi juga tampak terlihat berbincang dengan beberapa pedagang di sana, menanyakan harga kebutuhan pokok. Oka, salah satu pedagang sembako menyampaikan bahwa harga beras saat ini mengalami kenaikan.

"Malah naik (harga beras), belum turun malah naik, naik terus, tiap naik 200 (rupiah), 500 (rupiah)," jelas Oka kepada Presiden.

Baca juga: Harga Bahan Pangan Naik, BI Perkirakan Inflasi Januari 2023 Capai 0,40 Persen

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.