Note

Ekspor Bauksit Bakal Disetop, Menteri ESDM: Pabriknya Saja Masih Berantakan

· Views 20

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif akan memastikan kesiapan pabrik pengolahan untuk mendorong hilirisasi bauksit.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, akan menyetop ekspor bijih bauksit yang akan dilakukan mulai Juni 2023. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendorong hilirisasi dalam negeri.

"Kemarin kunjungan ke lapangan, masih bertantakan itu (pabriknya)," kata Arifin di Kementerian ESDM, Jumat (6/1/2023).

Baca juga: Daftar Daerah Penghasil Bauksit di Indonesia Terbesar

Arifin mengatakan, kondisi smelter bauksit saat ini di Indonesia belum sesuai dengan standar, dan tidak sesuai dengan laporan yang disampaikan ke Kementerian ESDM.

"Ya, enggak sesuai dengan kemajuan (yang dilaporkan sebelumnya), seperti pembangunannya," kata dia.

Arifin mengungkapkan, pihaknya saat ini akan melakukan evaluasi terkait dengan kesiapan smelter bauksit untuk mendukung rencana hilirisasi tahun ini.

Dia menambahkan, industri bauksit harus memiliki nilai tambah melalui pembukaan lapangan pekerjaan hingga keuntungan bagi negara.

Baca juga: Hasil Tambang Bauksit Dapat Dimanfaatkan untuk Pembuatan?


"Kita harus bisa bikin nilai tambah bauksit, itu kan bahannya strategis. Bukan seperti aluminium yang banyak dipakai," ujarnya.

Pemerintah ingin agar bauksit bisa diolah hingga bahan baku jadi seperti nikel dan tembaga. Hal ini diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Jadi bauksit juga harus kita oleh sampai dengan ke hilirnya. Kalau bisa diturunin lagi, sampai keujung, untuk tambah lapangan pekerjaan baru," kata dia.

Baca juga: Mengenal Logam Bauksit yang Mau Dilarang Jokowi Diekspor Mentah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.