Note

Produsen Minuman Beralkohol Cap Tikus Bakal Melantai di BEI

· Views 22

JAKARTA, KOMPAS.com - Hajat pencatatan saham perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2023 akan dimulai Jumat (6/1/2023). Produsen minuman beralkohol, PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk akan menjadi perusahaan pertama yang listing di BEI tahun ini.

Melansir dokumen prospektus perusahaan, produsen minuman beralkohol merek Cap Tikus 1978 itu akan melepas sebanyak-banyaknya 800 juta lembar saham baru, dengan nilai nominal Rp 10 per saham. Ini setara dengan 20 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh perusahaan.

Adapun harga penawaran perdana perusahaan dengan kode saham BEER itu sebesar Rp 220 per saham. Dengan demikian, perusahaan berpotensi meraup dana segar sekitar Rp 176 miliar.

Baca juga: IHSG Anjlok 2,34 Persen, Harga Saham-saham Besar Berguguran


Dana hasil IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan perusahaan untuk tiga tujuan. Pertama, sekitar 5,36 persen atau Rp 9,25 miliar akan digunakan untuk belanja barang modal berupa tanah di Desa Jetis, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Kemudian, sekitar 6,23 persen atau Rp 10,75 miliar akan digunakan untuk melakukan pembangunan fasilitas produksi, di antaranya bangunan pabrik, infrastruktur, gudang bahan baku, hingga gudang barang jadi. Adapun sisa dana IPO akan digunakan untuk modal kerja perusahaan, termasuk namun tidak terbatas pada pembelian bahan baku.

"Dalam hal jumlah dana hasil Penawaran Umum Perdana Saham tidak mencukupi untuk memenuhi rencana tersebut di atas, maka Perseroan akan menggunakan kas internal Perseroan dan/atau menggunakan pendanaan eksternal yang diperoleh dari bank dan/atau lembaga keuangan dan/atau sumber lainnya," tulis prospektus tersebut dikutip Kamis (5/1/2023).

Selain memproduksi minuman beralkohol merek Cap Tikus, Jobubu uamg bermarkas di Desa Kapitu, Sulawesi Utara itu juga memproduksi Soju dengan merek dagang Daebak Soju dan Daebak Spark.

Baca juga: Cetak Rekor Penjualan 1,3 Juta Mobil, Mengapa Saham Tesla Justru Anjlok?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.