Note

Mengenal Perusahaan Modal Ventura, Andalan Startup Cari Suntikan Dana

· Views 31

Jakarta, IDN Times - Perusahaan rintisan atau startup biasanya mendapatkan pembiayaan dari perusahaan modal ventura.

Perusahaan modal ventura sendiri merupakan salah satu bentuk lembaga pembiayaan, bagian dari sektor Industri Keuangan Non Bank (IKNB).

IKNB sendiri adalah jasa keuangan yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan. Oleh sebab itu, setiap perusahaan modal ventura di Indonesia harus mengantongi izin OJK.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ulasan terkait perusahaan modal ventura yang jadi andalan startup saat mencari pembiayaan.

1. Pengertian perusahaan modal ventura

Mengenal Perusahaan Modal Ventura, Andalan Startup Cari Suntikan DanaIlustrasi Modal. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dilansir situs resmi OJK, Selasa (3/1/2023), perusahaan modal ventura merupakan badan usaha yang melakukan bisnis pembiayaan/penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee company) untuk jangka waktu tertentu.

Pembiayaan yang diberikan ada tiga bentuk, pertama dalam bentuk penyertaan saham, kedua penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, dan/atau pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha.

Baca Juga: 7 Keuntungan Modal Ventura yang Wajib Diketahui dalam Bisnis

2. Tujuan dan kegiatan usaha perusahaan modal ventura

Mengenal Perusahaan Modal Ventura, Andalan Startup Cari Suntikan Danailustrasi suntikan dana (IDN Times/Nathan Manaloe)

Perusahaan modal ventura mengelola dana investasi dari pihak ketiga (investor). Tujuan utamanya adalah melakukan investasi pada perusahaan yang memiliki risiko tinggi.  Sehingga, tidak memenuhi persyaratan standar sebagai perusahaan terbuka, ataupun untuk memperoleh modal pinjaman dari perbankan.

Biasanya, biaya yang disuntikkan perusahaan modal ventura diberikan pada perusahaan-perusahaan yang baru berdiri, seperti startup.

Pada umumnya, perusahaan-perusahaan itu belum memiliki suatu riwayat operasional sebagai catatan untuk memperoleh suatu pinjaman.

Ada tiga kegiatan usaha perusahaan modal ventura yang diizinkan OJK, sebagai berikut:

  1. Penyertaan saham (equity participation)
  2. Penyertaan melalui pembelian obligasi konversi (quasi equity participation)
  3. Pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha (profit/revenue sharing).
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 25 Website Penghasil Uang yang Aman dan Terpercaya, Cobain!
  • Apa itu Galbay Pinjol? Kenali Pengertian dan Risikonya
  • 10 Anak Muda Terkaya Dunia di 2022, Ada yang Masih 19 Tahun lho!

3. Manfaat kehadiran perusahaan modal ventura

Mengenal Perusahaan Modal Ventura, Andalan Startup Cari Suntikan DanaIlustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kehadiran perusahaan modal ventura sangatlah bermanfaat, terutama bagi startup. Berikut empat manfaat perusahaan modal ventura:

- Meningkatkan kegiatan dan potensi usaha

Tak hanya berperan sebagai investor, perusahaan modal ventura juga akan terlibat dalam manajemen perusahaan, dan juga menjadikan perusahaan yang mendapatkan modal itu menjadi mitra atau partner.

Biasanya, partner tersebut membutuhkan dana dan juga strategi yang tersusun untuk mengembangkan bisnisnya. Kehadiran perusahaan modal ventura bisa turut membantu pengembangan produk, ide, dan sebagainya untuk mendongkrak bisnis. Hal itu bisa meningkatkan kegiatan dan juga potensi usaha perusahaan yang mendapatkan modal.

- Efisiensi pemasaran produk

Pendanaan yang diperoleh dari perusahaan modal ventura turut memberikan kredibilitas yang baik pada perusahaan yang menerimanya. Sebab, investor pasti melakukan pertimbangan mendalam sebelum menyuntikkan dana ke sebuah perusahaan.

Jika suatu perusahaan baru atau startup berhasil meraih dana dari perusahaan modal ventura, maka kredibilitas perusahaan meningkat, dan dapat membantu pemasaran produknya. Sehingga, pemasaran produk bisa lebih efisien.

- Meraih kepercayaan dari bank

Modal yang diperoleh sebuah perusahaan dari perusahaan modal ventura akan memberikan cerminan positif terhadap instansi terkait lain, termasuk bank.

Pemberian modal itu akan membantu perusahaan mendapatkan kepercayaan dari bank sebagai sumber modal usaha yang potensial.

- Likuiditas bisa membaik

Pembiayaan dari perusahaan modal ventura memberikan pengaruh pada likuiditas perusahaan ke arah yang positif. Sebab, sebuah startup tak perlu membayar beban bunga dan angsuran utang saat mendapatkan modal dari perusahaan modal ventura.

Penambahan modal itu bisa digunakan untuk meningkatkan likuiditas perusahaan.

Baca Juga: Startup Kamu Mau Disuntik Modal Ventura? Pastikan Dulu Punya 5 Hal Ini

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.